Implementasi Nilai Religiusitas Dalam Perwujudan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Entitas dan Identitas Bangsa Indonesia Di SDN 181/IV Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.22437/jtpd.v3i1.31055Keywords:
Nilai Religiusitas, Profil Pelajar Pancasila, Entitas dan IdentitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perwujudan Implementasi Nilai Religiusitas Dalam Perwujudan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Entitas Dan Identitas Bangsa Indonesia di SDN 181/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik di SDN181/IV Kota Jambi telah mewujudkan identitasnya sebagai manusia Indonesia melalui penghayatan profil pelajar pancasila yang ada di sekolah. Pembentukan karakter yang didasarkan nilai-nilai religiusitas dalam mengembangkan pribadi peserta didik yang berkarakter ketaatan beribadah, kejujuran, dan toleransi. Hal ini terbentuk dari pembiasaan secara optimal tentang penghayatan profil pelajar pancasila, yang merupakan perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Downloads
References
Ainurrohman, L.B dan Dravensi, M. (2022). Nilai-nilai Pancasila Sebagai Identitas Bangsa. Puspaka. 1 (1)
Arifin, M. S., Hasanah, S., Guntur, M., Al Mujahidin, M., & Edy, S. (2021). Strategi Penanaman Ideologi Pancasila di Pondok Pesantren Riyadlul Jannah Cikarang Utara–Kabupaten Bekasi. JURNAL EMAS: Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), 225-234.
Cahyani, N. M. M. (2023). Relevansi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Sebagai Penguatan Nilai Karakter Siswa. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, dan Sastra, 3(1), 203-211.
Halimah, H., Misnawati, M., Lestariningtyas, S. R., Mingvianita, Y., Sepmiatie, S., & Suryatini, R. I. (2023). Implementasi Pancasila Sebagai Entitas Dan Identitas Pendidikan Abad Ke-21 di SMAN 4 Palangka Raya. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(1), 119-133.
Hasanah, U., Wardana, L. A., & Amrullahc, H. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Religius Pancasila Dan Wawasan Pancasila Dalam Sekolah Berbasis Pesantren. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(2), 119-124.
Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro Dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Kebudayaan, 16(1), 25–42.
Muhsinin, Z. (2017). Warga Negara Religius sebagai Identitas Kewarganegaraan di Indonesia. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan UNY, November, 38-44.
Oktalia Putri, W. ., Anderson, I., & Doa Restuti, P. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa PPKN di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(1), 63-73.
Oktaviani, E. A., Maryono, M., Pamela, I. S., & Ulum, M. W. (2023). Analisis Upaya Guru Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada Dimensi Gotong Royong di Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(2), 167-178.
Putri, M. F. J. L., Putriani, F., Santika, H., Mudhoffar, K. N., & Putri, N. G. A. (2023). Peran pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(2), 1983-1988.
Resmi, D. A. S. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religiusitas Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Islam di SMP Negeri 3 Salatiga Tahun 2017 (Doctoral dissertation, Iain Salatiga).
Setiarsih, A. (2016). Penguatan Identitas Nasional Melalui Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian Pendidikan (pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, CV
Tsoraya, Nurul Dwi, and Masduki Asbari. (2022). “Pancasila Dan Agama: Telaah Singkat Pemikiran Yudi Latif.” Jurnal Pendidikan Transformatif, JUPETRA 2(1):15–18.
Wahyuni, S. A. (2023). Analisis Penerapan Project Based Learning Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka di SDN. 131/IV Kota Jambi (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).
Wijayanti, K. U., & Fitriani, I. (2023). Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(1), 91-101.
Yantoro, S. H., & Wahyuni, S. A. (2020). Strategi Guru Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Peserta Didik Di Sekolah Inklusi SD Negeri 131/IV Kota Jambi.
Yudi, Latif. (2020). Wawasan Pancasila: Bintang Penuntun Untuk Pembudayaan (Edisi Komprehensif). Cetakan I. Bandung: Mizan Anggota IKAPI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Silvia Kartika Ningsih Silvia, Suci Afnitri Wahyuni Suci, Suci Landriana Suci, Tria Rapika Wahyuni Pika, Ukhty Nadhiroh Ukhty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.