Implementasi Instrument Assessment HOTS (Higher Order Thinking Skills) Tema 7 di Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Maria Magdalena Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i2.29330

Keywords:

instrumen, assessment hots, pembelajaran tematik

Abstract

Assessment adalah upaya yang dilakukan untuk mendapatkan data/informasi dari proses dan hasil pembelajaran. Dengan demikian, untuk melakukan penilaian pendidik membutuhkan alat penilaian yang disebut instrumen yang berupa soal-soal untuk menguji kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan, tingkat validitas, dan tingkat kepraktisan dari produk yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan 5 tahapan yaitu: Analyze, Design, Develop, Implementation and Evaluate. Hasil implementasi yang telah didapatkan dalam penelitian menunjukkan bahwa tingkat validitas materi pada produk sebesar 100% dan berada pada kategori sangat valid, tingkat validitas bahasa pada produk sebesar 92% dan berada pada kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan produk yang didapatkan dari respon guru sebesar 87% dan berada pada kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil implementasi dari penelitian dapat disimpulkan bahwa instrument assessment HOTS (Higher Order Thinking Skills) secara keseluruhan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, N. P., & Kurniawan, Y. (2018). Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Dan Sikap Terbuka Melalui Media Pembelajaran Android. Journal of Komodo Science Education, 01(01), 79–94.

Aminah, S. (2018). Implementasi Model ADDIE Pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Pada SMP Negeri 8 Pagaralam). Jurnal Ilmiah Betrik, 09(03), 152–162.

Dachliyani, L. (2020). Instrumen Yang Sahih : Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat (evaluas. MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 57–65.

Deda, Y. N., Ratu, A. H., Amsikan, S., & Mamoh, O. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTS Berdasarkan Perspektif Higher Order Thinking Skills (HOTS). JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss1pp1-6

Ekawati, E., & Sumaryanta. (2011). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Matematika SD/SMP. Kementerian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Febyronita, D., & Giyanto. (2016). Survei Tingkat Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Tes Berbentuk Jawaban Singkat (Short Answer Test) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu (Geografi) Kelas VII di SMP Negeri 1 Mesuji Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Swarnabhumi, 1(1), 17–21.

Fitriani, D., Suryana, Y., & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning di Sekolah Dasar Kelas IV. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 87–96. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13752

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(02), 98–117.

Juhairiyah. (2017). Assesmen Konten Isi Bidang Studi. Jurnal Pedagogik, 04(01).

Kenedi, A. K. (2018). Desain Instrument Higher Order Thingking Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Matematika Di Jurusan PGSD. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 67–80. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.440

Nadhiroh, N. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thi SKILLS (HOTS) Pada Materi Ternodinamika (Skripsi).

Oktavia, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Mikir Pada Tema 2 Selalu Berhemat Energi di Kelas IV Sekolah Dasar.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. (2010).

Permendikbud. (2016). Standar Penilaian Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/munp2

Pratiwi, P. H., Hidayah, N., & Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS Poerwanti. Cakrawala Pendidikan, 2, 201–209.

Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Impelentasinya dengan Teknik Jigsaw. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “desain pembelajaran di era ASEAN economic community (AEC) untuk pendidikan Indonesia berkemajuan .â€

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Syaifulloh, M. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di MTS Negeri 7 Malang.

Ulum, A. R. (2020). Pengembangan Assesment Hots (Higher Order Thinking Skills) Berbasis Pemecahan Masalah Pada Tema 6 Kelas V SD/MI.

Widana, I. W. (2017). Modul penyusunan soal HOTS. Direktorat Pembinaan SMA, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Magdalena, M. (2023). Implementasi Instrument Assessment HOTS (Higher Order Thinking Skills) Tema 7 di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(2), 179-192. https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i2.29330

Issue

Section

Articles