Analisis Kebutuhan Guru dan Peserta Didik pada Pengembangan Media Counting Box Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • M. Ibrohim Universitas Jambi
  • Cindy Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i2.29313

Keywords:

Counting Box, Matematika

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Analisis Kebutuhan Guru dan Peserta Didik pada Pengembangan Media Counting Box kelas 1 sekolah dasar. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menilai respons guru dan peserta didik terhadap kebutuhan pengembangan media pembelajaran Counting Box. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode survei untuk mengidentifikasi kebutuhan guru dan peserta didik pada pengembangan media Counting Box kelas 1 sekolah dasar. Dalam penelitian ini anallisis kebutuhan mengacu pada pencapaian hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini terdiri dari 26 peserta didik kelas 1 dan 1 guru wali kelas SD Negeri 103/II Tanjung Agung. Data diperoleh melalui proses wawancara langsung dan kemudian dianalisis untuk disimpulkan berdasarkan interpretasi hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebanyak 42,30% nilai peserta didik pada pembelajaran matemtika masih di bawah KKM, 2) Diperlukan pengembangan media Counting Box, untuk mendukung pembelajaran dalam mata pelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, A. A. (2021). pengembangan multimedia pelajaran Interaktif Mengenal Huruf dan Angka dengan Model ADDIE. . Jurnal Education and Development, 9(4), 426-432.

Arieska, Y. V. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Counting Box untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Peserta Didik Kelas V MI Al Hikmah Ketami Kota Kediri. Arieska, Y. V. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Counting Box untuk Meningkatkan Pemahaman MDoctoral dissertation, IAIN Kediri.

Irawati, I. S. (2022). HUBUNGAN PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK PERSPEKTIF AL-QURAN.

Risalah jurnal Pendidikan dan Study Islam, 8(1), 3088-409.

Nora, A. (2018). Perkembangan peserta didik. Yogyakarta: Deepublish.

Pemerintah, I. (2005). Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional. LL Sekretariat Negara: Jakarta.

Ramli, M. (2015). HAKIKAT PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1).

Rodhatul, J. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: ANTASARI PRESS. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Bandung: Alfabeta.

Talango, S. R. (2022). Alat permainan edukatif berbasis multiple intellegence. . Runzune Sapta Konsultan.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Ibrohim, M., & Arsita, C. (2023). Analisis Kebutuhan Guru dan Peserta Didik pada Pengembangan Media Counting Box Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(2), 209-215. https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i2.29313

Issue

Section

Articles