Evaluasi Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i2.29172Keywords:
evaluasi, motivasi belajar, IPASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang evaluasi motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS kelas IV di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dengan subjek penelitian adalah guru kelas IV SDN 110/I Tenam sebanyak satu orang. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara bersama guru kelas serta dianalisis dengan cara pengklasifikasian data, reduksi data, menyajikan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 110/Tenam tergolong cukup rendah diantaranya sebagian peserta didik terdistraksi dengan hal-hal di sekitarnya sehingga membuat perhatian peserta didik teralihkan, kurangnya semangat dalam mengerjakan tugas, sebagian peserta didik tidak memiliki tanggung jawab terhadap tugasnya ditandai dengan peserta didik bermain saat guru memberikan tugas, rendahnya respon peserta didik terhadap rangsangan yang telah diberikan, dan kurangnya kesenangan dan kepuasan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Peneliti memberikan kesimpulan bahwa diperlukan peran guru yang lebih aktif dalam memotivasi peserta didik dalam pembelajaran.
Downloads
References
Anggraini, S., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287–5294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071
Asmelia, S. P., & Fitria, Y. (n.d.). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar (Vol. 8). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd
Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153–1160. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3223
Istikhana, J. (1970). Fungsi Media Pembelajaran Sirkuit Pintar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 5(2), 233–246. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2110
Istiyati, S., & Kamsiyati, S. (n.d.). Analisis motivasi belajar pada mata pelajaran ips kelas IV sekolah dasar.
Penelitian, J. I., Beatus, O., Laka, M., Burdam, J., Kafiar, E., Keguruan, S. T., Ilmu, D., Biak, P., Pendidikan Guru, J., Dasar, S., & Papua, B. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. 1(2).
Rahman, S. (n.d.). Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0†Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Sri Hartini, T., & Warmi, A. (2019). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sunardin, S. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Kelas Iv Sdn 43 Takkala Kota Palopo. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 1(2), 1–5. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v1i2.1412
Uno, Hamzah B. (2017). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eka Sumbulatim Miatu Habbah, Lingga Agustina Dwi Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.