Analisis Upaya Guru Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Pada Dimensi Gotong Royong di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i2.28457Keywords:
Upaya Guru, Profil Pelajar Pancasila, Gotong RoyongAbstract
Seiring perkembangan dunia yang kian cepat dan teknologi yang
semakin canggih, gotong royong mulai dilupakan dan
ditinggalkan. Gotong royong sebagai salah satu dimensi profil
pelajar pancasila diharapkan mampu menghidupkan kembali
karakter gotong royong yang memudar. Guru mempunyai tugas
untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Penelitian ini
bertujuan mendeskripsikan pembiasaan dan keteladanan, hasil
dari pembiasaan, faktor pendukung dan kendala dalam
mewujudkan profil pelajar pancasila pada dimensi gotong
royong di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu guru dan peserta
didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini pembiasaan yang dilakukan yaitu memungut
sampah, piket kelas, infaq, kerja bakti, kerja kelompok, P5 dan
keteladanan yang ditunjukkan guru yaitu ikut serta dalam
kegiatan yang diadakan sekolah. Hasil dari upaya yang
dilakukan yaitu 38,46% berkembang sesuai harapan, 46,15%
mulai berkembang dan 15,38% sedang berkembang. Faktor
pendukung yaitu kepribadian peserta didik yang baik,
keteladanan guru dan kerjasama guru . Kendalanya yaitu
kepribadian peserta didik, kegiatan kurang terlaksana secara
konsisten dan sarana prasarana. Berdasarkan temuan hasil maka
dapat disimpulkan dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila
dimendi gotong royong melalui berbagai pembiasaan dan
keteladanan oleh sekolah dan guru
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ella Alfinda Oktaviani, Maryono Maryono, Issaura Sherly Pamela, Muhammad Warosatul Ulum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.