Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
DOI:
https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.27985Keywords:
Pembelajaran tatap muka terbatas, Kesiapan guru, Peran guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian guru SDN 191/IX Sumber Mulya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran tatap muka dimusim Covid-19 dapat dilaksanakan dengan: perencanaan pembelajaran RPP yang disesuaikan dengan kondisi pandemi; pelaksanaan pembelajaran dengan menitikberatkan pada penyampaian materi; penilian/ evaluasi yang dilaksanakan sesuai dengan kondisi yang ada; dan menataati protokol kesehatan. Kegiatan pembelajaran tatap muka tetap berlangsung normal meski ketersediaan waktu yang terbatas sesuai dengan aturan dari pemerintah. Dalam tahap penilaian guru tetap melakukan evaluasi untuk menilaian sikap (afektif) evaluasi materi seperti melaksanakan ulangan harian, Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk menilai aspek kognitif peserta didik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 kholifatul Ummah Wijayanti, ika fitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.