Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Authors

  • Kholifatul Ummah Wijayanti UNJA
  • Ika Fitriani universitas jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.27985

Keywords:

Pembelajaran tatap muka terbatas, Kesiapan guru, Peran guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian guru SDN 191/IX Sumber Mulya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran tatap muka dimusim Covid-19 dapat dilaksanakan dengan: perencanaan pembelajaran RPP yang disesuaikan dengan kondisi pandemi; pelaksanaan pembelajaran dengan menitikberatkan pada penyampaian materi; penilian/ evaluasi yang dilaksanakan sesuai dengan kondisi yang ada; dan menataati protokol kesehatan. Kegiatan pembelajaran tatap muka tetap berlangsung normal meski ketersediaan waktu yang terbatas sesuai dengan aturan dari pemerintah. Dalam tahap penilaian guru tetap melakukan evaluasi untuk menilaian sikap (afektif) evaluasi materi seperti melaksanakan ulangan harian, Penilaian Tengah Semester (PTS), dan Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk menilai aspek kognitif peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Wijayanti, K. U., & Fitriani, I. . (2023). Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(1), 91-101. https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.27985

Issue

Section

Articles