Penerapan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa PPKN di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Wanda Oktalia Putri Universitas Jambi
  • Irzal Anderson Universitas Jambi
  • Putri Doa Restuti STIKIP Muhammdiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.27909

Keywords:

Aktivitas belajar, Model Pembelajaran , Giving Question and Getting Answer

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang kurang efektif dan inovatif dapat menyebabkan rendahnya aktivitas belajar siswa, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar  siswa  kelas  V semester  genap  setelah  diterapkannya  model  pembelajaran question and getting answer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan   kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua Siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 25 orang siswa, sedangkan objek penelitian ini  adalah  hasil  keaktifan belajar siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan  melalui  lembar observasi  pada  setiap  akhir  siklus.  Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan    menggunakan   analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan belajar peserta didik terlihat dari hasil observasi pada siklus I keaktifan belajar peserta didik 55%. Meningkat pada siklus II menjadi 85,24% kategori sangat baik (A). Berdasarkan temuan hasil penelitian maka dapat disimpulkan tindakan yang diberikan melalui penerapan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer berhasil dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di SDN 78/I Teluk Ketapang, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Oktalia Putri, W. ., Anderson, I., & Doa Restuti, P. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa PPKN di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(1), 63-73. https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.27909

Issue

Section

Articles