Desain LKPD pada Pembelajaran Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas I Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.27542Keywords:
LKPD, Pembelajaran Matematika, Kurikulum MerdekaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan desain LKPD berbasis model pembelajaran merdeka pada pembelajaran matematika di kelas 1 Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation). Data penelitian diperoleh melalui angket yang diberikan kepada validator ahli media, ahli materi, ahli bahasa. Setelah itu, data dianalisis untuk mendapatkan hasil kevalidan dan kepraktisan LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa desain LKPD berbasis model pembelajaran merdeka pada pembelajaran matematika di kelas I Sekolah Dasar. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 98.33% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 100% dengan kategori sangat valid, hasil validasi oleh ahli bahasa diperoleh skor 100% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa desain LKPD berbasis model pembelajaran merdeka pada pembelajaran matematika di kelas 1 sekolah dasar sangat valid dan layak diujicobakan dilapangan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pajar Alhabibi Habib, Suci Hayati, Arsil Arsil, Aldo Febrianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.