Desain LKPD pada Pembelajaran Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas I Sekolah Dasar

Authors

  • Pajar Alhabibi Habib Universitas Jambi
  • Arsil Arsil Universitas Jambi
  • Aldo Febrianto UPI YKPP Padang

DOI:

https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.27542

Keywords:

LKPD, Pembelajaran Matematika, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan desain LKPD berbasis model pembelajaran merdeka pada pembelajaran matematika di kelas 1 Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation). Data penelitian diperoleh melalui angket yang diberikan kepada validator ahli media, ahli materi, ahli bahasa. Setelah itu, data dianalisis untuk mendapatkan hasil kevalidan dan kepraktisan LKPD yang dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa desain LKPD berbasis model pembelajaran merdeka pada pembelajaran matematika di kelas I Sekolah Dasar. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 98.33% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 100% dengan kategori sangat valid, hasil validasi oleh ahli bahasa diperoleh skor 100% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa desain LKPD berbasis model pembelajaran merdeka pada pembelajaran matematika di kelas 1 sekolah dasar sangat valid dan layak diujicobakan dilapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Habib, P. A., Arsil, A., & Febrianto, A. . (2023). Desain LKPD pada Pembelajaran Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 2(1), 52-62. https://doi.org/10.22437/jtpd.v2i1.27542

Issue

Section

Articles