Peningkatan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II SDN 136/I Semangkat Melalui Buku Cerita Bergambar

Authors

  • M Ali Universitas Jambi
  • Asrial Asrial Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i1.19406

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas II SDN 136/I Semangkat melalui buku cerita bergambar. Penelitian ini dilatar bekangi oleh rendahnya kemampuan membaca peserta didik kelas II SDN 136/I Semangkat. Hal tersebut dilihat dari hasil observasi awal peserta didik kelas II yang berjumlah 7 orang, hanya 1 orang peserta didik dikatagorikan sangat baik. Sehingga dibutuhkan cara untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang mempunyai tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca peserta didik kelas II Sekolah Dasar, dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I pertemuan I hasil observasi yaitu 64%, pada siklus I pertemuan II terdapat peningkatan sehingga mendapatkan hasil observasi yaitu 65,3%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I mendapat hasil observasi yaitu 75,9%, pada siklus II pertemuan II terdapat peningkatan sehingga mendapatkan hasil observasi yaitu 84%.  Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan media buku cerita bergambar mampu meningkatkan kemampuan membaca peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Asrial Asrial, Universitas Jambi

Dosen pendidikan guru sekolah dasar, Universitas Jambi

Downloads

Published

2022-07-14

How to Cite

Ali, M., & Asrial, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II SDN 136/I Semangkat Melalui Buku Cerita Bergambar . Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i1.19406

Issue

Section

Articles