ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME LELANG KARET DI PASAR LELANG KARET DESA PANEROKAN KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANGHARI

Authors

  • Albina Kalesta Tarigan jambi university
  • Dompak Napitupulu
  • Adlaida Malik

DOI:

https://doi.org/10.22437/jiseb.v20i2.5061

Abstract

Tataniaga karet merupakan salah satu aspek yang menjadi perhatian pemerintah untuk dikembangkan dalam upaya meningkatkan pendapatan petani, dimana salah satu medianya adalah pasar lelang karet. Pasar lelang karet di Desa Penerokan merupakan salah satu pasar yang memberi kontribusi besar terhadap perdagangan karet di Provinsi Jambi. Permasalahannya adalah volume lelang di pasar ini berfluktuasi setiap periode. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui gambaran pasar lelang karet di desa Penerokan kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari 2)Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi volume lelang karet di Pasar Lelang Karet Desa Penerokan. Diduga terdapat tiga variabel yang memiliki pengaruh terhadap volume lelang karet. Pengumpulan data dilaksanakan dari bulan Mei sampai bulan Juni Tahun 2016. Pengaruh faktor dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga rata-rata, jumlah petani peserta dan volume lelang karet periode sebelumnya secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap volume lelang karet di pasar lelang. Secara parsial variabel harga rata-rata dan volume lelang periode sebelumnya tidak signifikan terhadap volume lelang karet. Sementara, variabel jumlah petani peserta lelang berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel volume lelang karet.

Kata Kunci : Pasar Lelang Karet, Harga, Petani Peserta.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-05-21 — Updated on 2018-05-21

Versions

How to Cite

Tarigan, A. K., Napitupulu, D., & Malik, A. (2018). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VOLUME LELANG KARET DI PASAR LELANG KARET DESA PANEROKAN KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANGHARI. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 20(2), 8. https://doi.org/10.22437/jiseb.v20i2.5061