SIKAP PETANI TERHADAP PENERPAN TEKNOLOGI BUDIDAYA KEDELAI LAHAN PASANG SURUT (di Kelurahan Simpang Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur)

Authors

  • Sakti Andreas Simanjuntak
  • Wahab Talib
  • Emy Kernalis

DOI:

https://doi.org/10.22437/jiseb.v17i1.2790

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang sikap petani terhadap penerapan teknologi budidaya kedelai di lahan pasang surut dengan tujuan mengetahui sikap petani terhadap penerapan teknologi budidaya kedelai di lahan pasang surut danmengetahui hubungan sikap petani terhadap penerapan teknologi budidaya kedelai di lahan pasang surut. Tinggi rendahnya usahatani kedelai ini dipengaruhi oleh sikap petani itu sendiri yang didalamnya terdiri dari afektif, kognitif dan konatif. Komponen kognitif berisi kepercayaan seseorang mengenai apa yang berlaku atau apa yang benar bagi objek sikap, komponen afektif menyangkut masalah emosional subjektif seseorang terhadap suatu objek sikap dan komponen konatif menunjukkan bagaimana prilaku atau kecenderungan berprilaku yang ada dalam diri seseorang berkaitan dengan sikap yang dihadapinya.  Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 April sampai 29 Mei 2013 di Kelurahan Simpang Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur.Pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari data primer dan data skunder. Untuk memperoleh data yang lebih mendalam dilakukan wawancara dengan bantuan kuisioner dengan pemberian score pada setiap pertanyaan. Penelitian ini menghasilkan data bahwa sikap petani yang terdiri dari aspek kognitif, afektif dan konatif terhadap penerapan tekonologi budidaya kedelai di lahan pasang surut tergolong tinggi dengan kesimpulan bahwa konsep sikap dan penerapan teknologi di daerah penelitian terlaksana dengan baik.

Kata kunci: Sikap petani, Penerapan teknologi, petani Kedelai

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-01-13 — Updated on 2014-01-13

Versions

How to Cite

Simanjuntak, S. A., Talib, W., & Kernalis, E. (2014). SIKAP PETANI TERHADAP PENERPAN TEKNOLOGI BUDIDAYA KEDELAI LAHAN PASANG SURUT (di Kelurahan Simpang Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur). Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 17(1). https://doi.org/10.22437/jiseb.v17i1.2790