This is an outdated version published on 2013-05-14. Read the most recent version.

ANALISIS TRANSFORMASI KEBUDAYAAN PADA SISTEM PERTANIAN (Studi Kasus Desa Pematang Kabau Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun)

DOI:

https://doi.org/10.22437/jiseb.v16i1.2771

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang transformasi kebudayaan dalam sistem pertanian di Desa Pematang Kabau, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun.Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui proses-proses perubahan kebudayaan dalam sistem pertanian terkait dengan perubahan unsur-unsur kebudayaan dari sistem ladang, ke sistem ladang dan kebun kemudian sistem sawah dan kebun. Adapun proses perubahan kebudayaan yang dilihat meliputi proses difusi, proses akulturasi, dan proses asimilasi serta unsur-unsur kebudayaan meliputi sistem peralatan hidup (teknologi), sistem pengetahuan, sistem kemasyarakatan dan sistem religi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 November 2012 sampai dengan 25 Desember 2012 di Desa Pematang Kabau, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun.Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (Purpossive).Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder.Untuk mendapatkan data yang lebih mendalam dilakukan wawancara mendalam (In-depht interview) serta observasi.Untuk mengetahui transformasi kebudayaan dalam sistem pertanian didaerah penelitian dianalisis secara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan metode yang digunakan, hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya transformasi kebudayaan dalam sistem pertanian terkait proses perubahan kebudayaan dari sistem ladang, ke sistem ladang dan kebun, serta ke sistem sawah dan kebun. Proses perubahan kebudayaan yang terjadi dapat dilihat dari proses difusi, akulturasi dan asimilasi. Penyebaran unsur-unsur kebudayaan dari sistem ladang, ke sistem ladang dan kebun serta sistem sawah dan kebun berupa perperangan dan perkawinan campuran, serta pertemuan unsur-unsur dari suatu kebudayaan yaitu transmigrasi, yang menyebabkan pertemuan-pertemuan antara kelompok-kelompok masyarakat lokal dengan masyarakat transmigrasi kemudian masyarakat transmigrasi saling berinteraksi secara intensif dan secara terus-menerus dengan masyarakat lokal sehingga unsur-unsur kebudayaan dapat diterima.

 

Kata Kunci : Transformasi Kebudayaan, Sistem Pertanian, Proses Perubahan Kebudayaan, Unsur-Unsur Kebudayaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2013-05-14

Versions

How to Cite

ANALISIS TRANSFORMASI KEBUDAYAAN PADA SISTEM PERTANIAN (Studi Kasus Desa Pematang Kabau Kecamatan Air Hitam Kabupaten Sarolangun). (2013). Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 16(1). https://doi.org/10.22437/jiseb.v16i1.2771