PERILAKU PETANI TERHADAP PROGRAM SEKOLAH LAPANG IKLIM (SLI) DALAM USAHATANI PADI SAWAH (Kasus di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci dan Desa Koto Panap Kecamatan Tanah Kampung Kota sungai Penuh)

Authors

  • Dela Novela
  • . Suandi
  • aulia farida

DOI:

https://doi.org/10.22437/jiseb.v15i2.2759

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perilaku petani terhadap program sekolah lapang iklim (SLI) dalam usahatani padi sawah di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Tujuan Penelitian (1) Untuk mengetahui perubahan perilaku petani dalam usahatani padi sawah sebelum dan setelah mengikuti program Sekolah Lapangan Iklim (2) Untuk mengetahui hubungan perilaku petani dengan materi program sekolah lapang iklim. Perubahan perilaku meliputi kognitif/pengetahuan dan afektif/sikap petani, sedangkan hubungan yang akan diteliti  yaitu hubungan kognitif/pengetahuan dan afektif/sikap petani dengan program sekolah lapang iklim. Penelitian ini dilaksanakan selama 2,5 bulan kalender yang bertempat di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci dan Desa Koto Panap Kecamatan Tanah Kampung Kota Sungai Penuh.  Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Untuk mendapatkan data lebih mendalam dilakukan wawancara mendalam ( In-depht interview), untuk mengetahui perubahan perilaku petani di daerah penelitian dianalisis secara deskriptif,  sedangkan analisis hubungan perilaku petani menggunakan uji Chi Square dengan kontingensi 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya perubahan perilaku petani dalam usahatani padi sawah setelah mengikuti program sekolah lapang iklim berdasarkan kognitif/pengetahuan, dengan nilai program (52,5 persen). Perubahan perilaku petani dalam usahatani padi sawah setelah mengikuti program sekolah lapang iklim berdasarkan Afektif/sikap, dengan nilai program (52,5 persen). Melalui hasil analisis uji chi square diperoleh bahwa hubungan perilaku petani terhadap program sekolah lapang iklim berdasarkan kognitif/pengetahuan dan afektif/sikap memiliki kecenderungan hubungan positif dan signifikan.

Kata Kunci : Perilaku Petani, Kognitif, Afektif, Program Sekolah Lapang Iklim

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-10-18 — Updated on 2012-10-18

Versions

How to Cite

Novela, D., Suandi, ., & farida, aulia. (2012). PERILAKU PETANI TERHADAP PROGRAM SEKOLAH LAPANG IKLIM (SLI) DALAM USAHATANI PADI SAWAH (Kasus di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Siulak Kabupaten Kerinci dan Desa Koto Panap Kecamatan Tanah Kampung Kota sungai Penuh). Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 15(2). https://doi.org/10.22437/jiseb.v15i2.2759

Issue

Section

Articles