ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP VOLUME PENJUALAN AGROINDUSTRI KERUPUK KULIT (JANGEK) DI KOTA JAMBI

Authors

  • Indah Uziyanti Ningrum
  • Adlaida Malik
  • Emy Kernalis

DOI:

https://doi.org/10.22437/jiseb.v15i1.2746

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menentukan strategi bauran pemasaran Kerupuk jangek pada Agroindustri di Kota Jambi, (2) mengetahui pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap volume penjualan kerupuk jangek di Kota Jambi. Data yang digunakan adalah data pada Januari - Agustus 2012 selama ± 8 bulan terakhir (25 minggu), dimana data tersebut dikumpulkan secara kumulatif per minggunya. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer (observasi, interview) dan data sekunder. Data disusun, diolah dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan diperkuat dengan analisis preferensi konsumen dengan melakukan uji inderawi sesuai dengan variabel yang diteliti. Untuk metode kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier Berganda yang mencakup aspek biaya promosi, biaya distribusi dan volume penjualan melalui hasil wawancara menggunakan kuisoner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan nilai R2 sebesar 72,5% yang menunjukan variasi volume penjualan dapat dijelaskan oleh variasi biaya promosi dan distribusi sedangkan  27,5 % dijelaskan oleh faktor lain. F hitung (28.962  ) > F tabel (3,47) sehingga hipotesis diterima yang berarti secara keseluruhan promosi, dan distribusi berpengaruh nyata terhadap volume penjualan kerupuk jangek.

Kata Kunci : Strategi Bauran Pemasaran (Promosi, Distribusi), Volume Penjualan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-03-06 — Updated on 2012-03-06

Versions

How to Cite

Ningrum, I. U., Malik, A., & Kernalis, E. (2012). ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP VOLUME PENJUALAN AGROINDUSTRI KERUPUK KULIT (JANGEK) DI KOTA JAMBI. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 15(1). https://doi.org/10.22437/jiseb.v15i1.2746