ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DINILAI DARI HARAPAN DAN KINERJA BAURAN PEMASARAN FAMERS MARKET DI LIVING WORLD PEKANBARU ndonesia

Authors

  • Yuni Anjelia Universitas Riau
  • Fajar Restuhadi Universitas Riau
  • Jum’atri Yusri Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.22437/jiseb.v25i02.21168

Abstract

Perkembangan industri ritel di Indonesia semakin pesat, sejalan dengan meningkatnya permintaan akan produk kebutuhan harian. Tingginya permintaan menyebabkan industri ritel semakin bertumbuh, khususnya ritel modern seperti supermarket.  Banyaknya supermarket yang berdiri menyebabkan persaingan yang ketat, sehingga perusahaan harus mampu memasang strategi pemasaran yang tepat kedepannya, strategi pemasaran tersebut dapat dikembangkan oleh perusahaan dengan melihat kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen dapat diketahui dengan membandingkan harapan konsumen dan penilaian konsumen akan kinerja atribut bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan lokasi. Setelah mengetahui kepuasan konsumen, perusahaan dapat mengembangkan strategi pemasaran dengan melihat atribut bauran pemasaran mana yang perlu mendapatkan tindakan lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen dan menganalisis kepuasan konsumen di Farmers Market Pekanbaru terhadap atribut bauran pemasaran.  Penelitian ini menggunakan metode survei.  Data diperoleh dari sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 100 responden.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen mencapai 87.02% dengan atribut paling dominan adalah lokasi.  Farmers Market Pekanbaru masih harus melakukan peningkatan di beberapa atribut yaitu pengemasan akhir, harga, pengadaan promo dan akses parkir.  Kondisi ini menunjukkan bahwa konsumen merasa sangat puas dengan kinerja dan pelayanan yang diberikan Farmers Market Living World Pekanbaru dengan catatan bahwa supermarket masih harus meningkatkan kinerjanya karena masih ada 12.98% yang dianggap konsumen belum sesuai harapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Suhendra dan D.W.I. Prasetyanto, “Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Trans Metro Bandung Koridor 2 Menggunakan Pendekatan Importance Performance Analysis, Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, vol. 2, no. 2, pp. 1–12, 2016.

Algifari. 2019. Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance-Performance Analysis (IPA) dan Model Kano. Yogyakarta : BPFE-Yogyakarta.

D.H.Wibowo, Z.Arifin dan Sunarti. 2015. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 29, Hal 59-66.

D.Iskamto. 2017. Analisis Kepuasan Pelanggan pada AlfaMart Kalisari Jakarta. Jurnal Eko dan Bisnis: Riau Economic And Business Review. 8(1):1-12.

F. Tjiptono dan Anastasia Diana. 2019. Kepuasan Pelanggan Konsep, Pengukuran, & Strategi. Yogyakarta : ANDI.

Kotler, Philip dan G.Amstrong.2016. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Erlangga : Jakarta.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management. Edisi 15. Pearson Education Limited. England.

Novita, T.Megasari dan A.Yoesdiarti. 2014. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Bauran Pemasaran BelMart Bogor. Jurnal Pertanian.

R.A.Sitorus. 2013. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Harapan dan Kinerja Bauran Pemasaran Hypermart Mall Ciputra Pekanbaru. Pekanbaru : Jurnal Online Mahasiswa.

S.H.A.Syukri. 2014. Penerapan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Analisis GAP pada Kualitas Pelayanan Trans Jogja. Jurnal Ilmiah Teknik Industri (JITI), Vol 13(2), 103-111.

Silvia, A.Syahza dan H.Syabrus. 2016. Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Giant Ekstra Panam Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa.

Sumarwan. 2015. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya. Ghalia Indonesia : Bogor.

T.R.Wibowo dan M.N. Ardhi. 2018. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Layanan Minimarket SK. Surakarta : Tekinfo Jurnal Ilmiah Teknik Industri dan Informasi.

Wahyudin, M.Suryanty, R.Badrudin. 2019. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Layanan Pasar Modern di Kota Bengkulu. Bengkulu : AGRISEP.

Widi, Utomo, dan Wijaya, A. F. (2013). Customer Satisfaction Analysis to Health Service by Servqual 5 Dimension Method and Customer Satisfaction Index . International Journal of Computer Applications , 17-21.

Yola, Melfa dan Budianto. 2013. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket dengan menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Padang : Jurnal Optimasi Sistem Industri

Published

2023-11-29

How to Cite

Anjelia, Y., Restuhadi , F. ., & Yusri , J. . (2023). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN DINILAI DARI HARAPAN DAN KINERJA BAURAN PEMASARAN FAMERS MARKET DI LIVING WORLD PEKANBARU ndonesia. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 25(02), 28-37. https://doi.org/10.22437/jiseb.v25i02.21168