ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN TINGKAT HARAPAN PETANI PADI TERHADAP ATRIBUT TAUKE DALAM PEMASARAN PADI DI NAGARI SUNGAI RIMBANG

Authors

  • Widia Utari Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Riau
  • Eliza Eliza Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Riau
  • Roza Yulida Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.22437/jiseb.v25i01.20995

Abstract

Penelitian bertujuan melihat karakteristik petani, pola penjualan padi, tingkat
kepuasan dan harapan petani terhadap tauke, dan hubungan antara karakteristik petani
dengan tingkat kepuasan dan tingkat harapan terhadap atribut tauke. Metode pengambilan
sampel simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan umur petani produktif,
pendidikan sedang, pengalaman berusahatani tergolong lama, jumlah tanggungan keluarga 3
sampai 4 jiwa, produksi padi > 2.500-3850 Kg, luas lahan tergolong sempit, pendapatan kotor
petani >Rp3.500.000/bulan, pengeluaran Rp>2.500 .000 sampai Rp3.500.000. Petani
menggunakan jasa transportasi padi untuk mengangkut padi dari sawah ke heller. Tingkat
kepuasan petani terhadap tauke cukup baik, dan tingkat harapan petani terhadap atribut tauke
cukup berharap. Karakteristik dengan tingkat kepuasan petani, pendidikan berhubungan
dengan kelemahan dengan hubungan kekerabatan, pengalaman berusahatani berhubungan
dengan lawan kelemahan dengan hubungan kekerabatan pengalaman berusahatani
berhubungan dengan kelemahan dengan saran teman, hubungan searah dengan saran
teman. Hubungan para petani dengan harapan, luas lahan yang berhubungan dengan harga,
pengalaman berusahatani berhubungan dengan arah lemah dengan memberikan kredit,
berhubungan dengan arah berlawanan dengan hubungan lemah terhadap hubungan
kekerabatan, berusahatani petani berhubungan dengan arah lemah terhadap hubungan
kelemahan. hubungan kekerabatan dan saran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-13

How to Cite

Utari, W., Eliza, E., & Yulida, R. (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN TINGKAT HARAPAN PETANI PADI TERHADAP ATRIBUT TAUKE DALAM PEMASARAN PADI DI NAGARI SUNGAI RIMBANG. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 25(01), 8-19. https://doi.org/10.22437/jiseb.v25i01.20995