PENGARUH FAKTOR SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CABAI MERAH BESAR (Suatu Kasus di Pasar Ciborelang, Pasar Sindangkasih, dan Pasar Maja Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.22437/jiseb.v25i01.20993Abstract
Penelitian ini dilakukan di dataran tinggi yaitu pasar Ciborelang, pasar Sindangkasih dan pasar
Maja Selatan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh faktor sosial terhadap keputusan pembelian cabai
merah besar secara simultan dan parsial. Data primer dan data sekunder digunakan dalam penelitian ini.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji-f dan ujit.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa faktor sosial yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk
membeli cabai merah di dataran tinggi secara simultan, sedangkan faktor yang mempengaruhi pasar secara
parsial terdapat di pasar maja selatan jika dibandingkan dengan pasar Ciborelang dan Sindangkasih yaitu
faktor sosial dengan Nilai Sig sebesar 0,048 terhadap keputusan pembelian cabai. merah besar.