FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRODUKTIVITAS PADI SAWAH DI DESA PUDAK KECAMATAN KUMPEH ULU KABUPATEN MUARO JAMBI

Authors

  • Whiwid Hernhawathy Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Unja
  • Fendria Sativa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Unja
  • Idris Sardi Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Unja

Abstract

Sektor pertanian memiliki peranan penting salah satunya adalah tanaman pangan padi sawah karena sebagai penghasil pangan bagi penduduk yang jumlah tiap tahunnya selalu bertambah.Pertanian merupakan penunjang dalam kesejahteraan masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui produktivitas padi sawah di Desa Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi, 2) mengetahui hubungan antara faktor-faktor dengan produktivitas padi sawah di Desa Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di Desa Pudak yang ditentukan secara purposive dengan penarikan sampel menggunakan Slovin dengan jumlah 35 petani.Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Analisis yang digunakan adalah Chi-Squaredengan dilakukan Uji x2, Chit, Uji r, dan Uji t. Hasil dari analisis diperoleh nilai X2hit ˃ X2tab yang berarti terdapat hubungan antara faktor-faktor (luas lahan, tenaga kerja, modal, dan manajemen) dengan produktivitas padi sawah di Desa Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi, dengan derajat hubungan sebesar 0,3752 yang artinya derajat hubungan antara faktor-faktor dengan produktivitas tergolong kuat karena nilai terletak diantara 0.354 – 0,707. Diperoleh derajat korelasi sebesar 0,5307 yang artinya keeratan hubungan antara faktor-faktor dengan produktivitas padi sawah di Desa Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi tergolong sedang. Selanjutnya diperoleh nilai thit ˃tab artinya terdapat hubungan yang signifikan anatar faktor-faktor dengan produktivitas padi sawah di Desa Pudak Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi.
Kata Kunci : Faktor-faktor, Produktivitas, Padi Sawah
PENDAHULUAN

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akib, Muhammad Tuwo. 2011. Ilmu Usahatani. Unhalu Press

BPP. 2018. Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Kumpeh Ulu. Jambi

Dinas Tanaman Pangan dan Hortiluktura Kabupaten Muaro Jambi.2018. Jambi

Ken, Suratiyah. 2011. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya. Jakarta

Mubyarto, 1987.Pembangunan Pertanian. LP3ES. Jakarta

Sastraadmadja, Entang. 1991. Ekonomi Pertanian. Angkasa. Kota Samarinda: Kalimantan Timur.

Siegel, Sidney. 1997. Statistik Nonparametrik Untuk Ilmu Ilmu Sosial. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Soekartawi. 1990. Teori Ekonomi Produksi. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Tambunan, Irma. 2012. Kompas. Di akses : tanggal 18 april 2019 pukul: 14.00 sumber:http://ekonomi.kompas.com/read/2012/01/09/02370544/.Mewujudkan.Lumbung.Pangan.Muaro.Jambi.

Published

2021-06-23

How to Cite

Hernhawathy, W., Sativa, F., & Sardi, I. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PRODUKTIVITAS PADI SAWAH DI DESA PUDAK KECAMATAN KUMPEH ULU KABUPATEN MUARO JAMBI. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 23(02), 18-25. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jseb/article/view/11903