ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN CABAI MERAH KERITING DENGAN PENDEKATAN SCP (Structure, Conduct, and Performance) DI KECAMATAN GUNUNG TUJUH KABUPATEN KERINCI

Authors

  • Zummrhotul Mar’atil Khasanah UNIVERSITAS JAMBI
  • Saad Murdy UNIVERSITAS JAMBI
  • Yanuar Fitri UNIVERSITAS JAMBI

DOI:

https://doi.org/10.22437/jiseb.v23i01.11867

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui saluran pemasaran cabai merah keriting di Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci, dan (2) menganalisis efisiensi pemasaran cabai merah keriting dilihat dari market sructure, market conduct, and market performance (SCP) di Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci. Penelitian ini di laksanakan di Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci dari 24 Juni sampai 24 Juli 2019. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan pendeketan SCP (structure, conduct, and performance). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran cabai merah keriting di Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci terdiri dari empat saluran pemasaran, yaitu: (1) petani–pedagang pengumpul lokal–pedagang wholesaler Sungai Penuh–pedagang pengecer–konsumen akhir Pasar Tanjung Bajure Sungai Penuh; (2) petani–pedagang pengumpul lokal–pedagang antar kota; (3) petani–pedagang pengumpul lokal–pedagang pengecer–konsumen akhir; (4) petani–pedagang pengecer–konsumen akhir Pasar Tanjung Bajure Sungai Penuh. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh lembaga-lembaga pemasaran, yaitu fungsi pertukaran, fungsi fisik dan fungsi fasilitas. Struktur pasar pada pemasaran cabai merah keriting di Kecamatan Gunung Tujuh pada tingkat petani merupakan struktur pasar oligopsoni, sedangkan di tingkat lembaga struktur pasar yang terbentuk merupakan stuktur pasar oligopoli. Pada perilaku pasar, lembaga pemasaran yang terlibat memiliki perilaku yang berbeda-beda. Kinerja pasar menunjukkan penyebaran marjin, farmers share, dan rasio keuntungan dan biaya tidak merata pada masing-masing lembaga pemasaran. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, saluran pemasaran IV merupakan alternatif saluran pemasaran yang efisien sehingga dapat dipilih oleh petani.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmarantaka RW. 2014. Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). IPB Press. Bogor.

Badan Pusat Statistika. 2018. Statistik Produksi Sayuran Semusim Provinsi Jambi. Badan Pusat Statistika. Jambi.

Baladina N. 2012. Pemasaran Hasil Pertanian: Pendekatan dalam Pemasaran Pertanian. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya.

Hamid AK. 1972. Tataniaga Pertanian. IPB. Bogor.

Herdiyansyah R. 2015. Sistem Pemasaran Karet dengan Pendekatan Food Supply Chain Network (FSCN). Prosiding Seminar Nasional IPB. Bogor.

Situmorang TS, Z Alamsyah dan Z Fathoni. 2015. Analisis Efisiensi Pemasaran Sawi Manis dengan Pendekatan Structure, Conduct, and Performance (SCP) di Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi. Jurnal Ekonomi Bisnis Volume 18 (2) 2015 ISSN 1412-8241.

Syukur M, R Yunianti dan R Dermawan. 2012. Sukses Panen Cabai Tiap Hari. Penebar Swadaya.

Published

2021-01-27

How to Cite

Mar’atil Khasanah, Z., Murdy, S., & Fitri, Y. (2021). ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN CABAI MERAH KERITING DENGAN PENDEKATAN SCP (Structure, Conduct, and Performance) DI KECAMATAN GUNUNG TUJUH KABUPATEN KERINCI. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 23(01), 22-30. https://doi.org/10.22437/jiseb.v23i01.11867