ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI KELAPA SAWIT DI KELURAHAN BAJUBANG KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANG HARI

Authors

  • Sophia STIP Graha Karya
  • Asaibani STIP Graha Karya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor produksi (luas lahan, bibit, pupuk, pestisida dan tenaga kerja) terhadap produksi kelapa sawit di Kelurahan Bajubang Kecamatan Bajubang. Pemilihan tempat penelitian dengan pertimbangan bahwa Kelurahan Bajubang merupakan salah satu desa/kelurahan yang memiliki produksi dan produktivitas kelapa sawit tertinggi kedua dari beberapa desa/kelurahan lain yang ada di Kecamatan Bajubang, dengan persentase perbandingan jumlah tanaman yang menghasilkan di Kelurahan Bajubang cukup tinggi. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode sensus. Metode sensus adalah metode pengumpulan data dengan meneliti setiap anggota populasi tanpa terkecuali (Subagyo, 2012). Berdasarkan data Dinas Perkebunan Kabupaten Batang Hari, ada 46 orang petani kelapa sawit di Kelurahan Bajubang Kecamatan Bajubang yang melakukan kegiatan usahatani dengan pola swadaya murni. Oleh karena itu, semua petani kelapa sawit dengan pola swadaya murni tersebut dijadikan sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (bersama-sama) variabel luas lahan, bibit, pupuk, pestisida dan tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap produksi kelapa sawit di Kelurahan Bajubang.secara parsial (individu) variabel luas lahan dan variabel pupuk berpengaruh signifikan terhadap prouki kelapa sawit di keluarahan bajubang sedangkan variabel, bibit, variabel pestisida dan variabel tenaga kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi kelapa sawit di Keluarhan Bajubang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim. 2018. Jambi Dalam Angka Tahun 2014. Jambi : Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi.

Anonim. 2018. Kecamatan Bajubang dalam Angka. Batang Hari : Badan Pusat Statistik

Kabupaten Batang Hari.

Anonim. 2018. Laporan Kependudukan Kelurahan Bajubang. Bajubang : Kelurahan Bajubang

Adi S,Putranto. 2012. Kaya dengan Bertani Kelapa Sawit. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Cet.1.

Daniel, Moehar. 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta : PT Bumi Aksara. Djojosumarto, Panut. 2008. Pestisida dan Aplikasinya. Jakarta : Agromedia Pustaka. Firdaus, M. 2004. Ekonometrika Suatu Pendekatan Aplikatif. Jakarta : PT Bumi Aksara. Firdaus, M. 2008. Manajemen Agribisnis. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Haris P, Abdul. 2012. Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Produksi Kelapa Sawit Di

PTPN III Aek Nabara Selatan. Medan : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Universitas Negeri Medan. http://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1200. [diakses pada 21 Juni 2015]. Hernanto, Fadholi. 1994. Ilmu Usaha Tani. Jakarta : Penebar Swadaya. Cet.4.

Joesron, Tati Suhartati & Fathorrozi. 2003. Teori Ekonomi Mikro dilengkapi Beberapa Bentuk

Fungsi Produksi. Jakarta : PT Salemba Empat.

Lingga, Pinus & Marsono. 2013. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Jakarta : Penebar Swadaya. Margareta, Elisabeth. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi Kelapa Sawit

Pada Perkebunan Rakyat Di Sumatera Utara. Tesis S2. Medan : Program Studi Ilmu

Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Mirnaini. 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produksi dan Pendapatan Petani Jeruk Siam di Desa Pompa Air Kecamatan Bajubang Kabupaten Batang Hari. Skripsi tidak dipublikasikan. Program Studi Agribisnis STIP Graha Karya Muara Bulian.

Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian. Jakarta : LP3ES.

Nicholson, Walter. 1999. Teori Ekonomi Mikro, Prinsip Dasar dan Pengembangannya. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Paryanto. 2001. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Usahatani Cabai pada Petani yang Mengikuti Program PDM-DKE di Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari. Skripsi tidak dipublikasikan. Program Studi Sosial Ekonomi Pertanian STIP Graha Karya Muara Bulian.

Setiawan & Kusrini, Dwi Endah. 2010. Ekonometrika. Yogyakarta : Andi Offset. Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT Refika Aditama.

Soekartawi. 1989. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Teori dan Aplikasinya. Jakarta : Rajawali

Pers

Soekartawi. 2013. Agribisnis; Teori dan Aplikasinya. Jakarta : Rajawali Pers. Ed-1. Cet-10. Soetriono, dkk. 2003. Pengantar Ilmu Pertanian. Jember : Bayumedia Publishing.

Subagyo, Pangestu. 2012. Statistika Terapan. Yogyakarta : BPFE. Suratiyah, Ken. 2011. Ilmu Usahatani. Jakarta : Penebar Swadaya. Cet-4.

Suwarto & Yuke Octavianty. 2012. Budidaya 12 Tanaman Perkebunan Unggulan. Jakarta :

Penebar Swadaya.

Tasman, Aulia, dkk. 2013. Ekonomi Manajerial; dengan Pendekatan Matematis. Jakarta : PT Raja Gafindo Pustaka

Published

2021-01-27

How to Cite

Sophia, & Asaibani. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI KELAPA SAWIT DI KELURAHAN BAJUBANG KECAMATAN BAJUBANG KABUPATEN BATANG HARI. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 23(01), 49-58. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/jseb/article/view/11864