PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI

Penulis

  • Azza Nabila Universitas Jambi
  • Eddy Pahar Harahap FKIP Universitas Jambi
  • Agus Salim FKIP Universitas Jambi
  • Nurfadilah Nurfadilah Universitas Jambi

Abstrak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP di salah satu SMP di Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif denagn desain penelitian ekperimen. Subjek  penelitian ini adalah seiswa kelas VII E (kelas control) dan VII F (kelas eksperimen) SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Data diperoleh melalui hasil pretest dan posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes berupa menulis  teks narasi pada siswa kelas VII. Data selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dengan bantuan program SPSS 21. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya perubahan hasil menulis siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen. Hal ini memperlihatkan adanya peningkatan dari hasil menulis siswa melalui penggunaan media audio visual.

Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Teks Narasi, Audio Visual

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-19

Cara Mengutip

Azza Nabila, Harahap, E. P., Salim, A., & Nurfadilah, N. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI. Jurnal Reksa Bastra, 2(1), 39-48. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/19318

Terbitan

Bagian

Articles