Jurnal Reksa Bastra https://online-journal.unja.ac.id/jrb en-US hilman_yusra@unja.ac.id (Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd) cindioktavia17@gmail.com (Cindi Oktavia) Fri, 04 Nov 2022 22:43:17 +0700 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Wacana Kritis Tokoh Utama Dalam Cerita Pendek “Air” Karya Djenar Maesa Ayu https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/22195 <p>Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis wacana kritis dalam cerpen air. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data dalam kalimat ini berupa kutipan berupa kalimat dan paragraf yang memuat masalah yagn dikaji. Sedangkan sumber data yang diperoleh yaitu cerpen air karya djenar maesa ayu. Teknik pengumpulan data mengunakan dua Teknik yaitu catat dan validasi <br />data. Hasil pembahasan menunjukkan analisis wacana kritis berdasarkan posisi subjek-objek menggambarkan tokoh saya/perempuan muda yang mengandung digambarkan sebagai <br />perempuan yang hamil diluar nikah berbeda dengan bapak dari bayi tersebut disamarkan, diuntungkan dengan kalimat yang pasif. Sedangkan analisis wacana kritis pada tokoh utama berdasarkan posisi pembaca menggambarkan sebagai perempuan yang dimarjinalkan dimana <br />kurangnya toleransi terhadap perjuangan perempuan dalam melakukan pekerjaan walaupun saat mengandung sekalipun.<br />Kata kunci: Anaisis Wacana Kritis,Sarah Mills,Cerpen Air</p> Alfin Sahri Copyright (c) 2022 Jurnal Reksa Bastra https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/22195 Wed, 14 Dec 2022 00:00:00 +0700 A Analisis Soal Tes Formatif Bahasa Indonesia Berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS) https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/21167 <p>Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk-bentuk soal tes formatif bahasa Indonesia kelas XI IPA SMA Negeri 3 Muaro Jambi yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Data penelitian berupa kisi-kisi, lembar soal, dan wawancara guru yang diperoleh dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 29 butir soal dari jumlah total 30 butir soal tidak termasuk kategori soal HOTS. 29 butir soal hanya berada pada tingkat kognitif C1 (mengingat) dan C2 (memahami). Maka dapat disimpulkan bahwa soal tes formatif kelas XI IPA SMA Negeri 3 Muaro Jambi 2021/2022 merupakan soal LOTS.</p> <p><strong>Kata kunci: </strong>soal tes formatif, HOTS</p> Legi Aspriyanti Legi Aspriyanti; Rustam, Setyonegoro Copyright (c) 2022 Jurnal Reksa Bastra https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/21167 Fri, 04 Nov 2022 00:00:00 +0700 Analisi Wacana Kritis Norman Fairclough pada Penanganan Truk Batu Bara dalam Berita Jambi https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/22234 <p>Batubara merupakan salah satu sumber kekayaan alam yang menjadi sumber mata pencaharian di daerah Jambi. Pengangkutan batu bara dari satu tempat ke tempat lain menjadikan masalah pengangkutan batu bara menjadi topik yang selalu hangat dibicarakan di masyarakat. Dalam pemberitaan yang dimuat di laman berita online Ungkap.co.id dan TribunJambi yang sama-sama membahas penanganan permasalahan transportasi batu bara di sekitar Pal Merah dan Lingkar Selatan memiliki pola dan susunan serta isi atau maksud yang berbeda walaupun memiliki inti yang sama. Hal ini dapat diketahui dengan melakukan analisis wacana kritis dengan menggunakan teori Norman Fairclough. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menyajikan analisis wacana kritis model Norman Fairclough pada dua berita berjudul “Solusi Kemacetan Akibat Truk Batubara: Memasang Spanduk Untuk Mematuhi Jam Operasional” yang dilansir laman berita online Ungkap.co.id dan berita berjudul "Dishub Jambi Diminta Segera Pasang Rambu Larang Parkir Kendaraan Batubara di Bahu Jalan" yang dirilis laman berita online TribunJambi.com. Kesimpulan yang dapat ditarik dari kedua berita di atas dengan kaitannya dengan teori Norman Fairclough adalah bahwa dalam kedua berita di atas tersusun kata atau kalimat yang dapat dilihat sebagai bentuk praktik sosial yang kemudian menghasilkan perubahan sosial. Selain itu, terdapat hubungan dialektis antara praktik sosial dengan proses pembentukan wacana, yaitu wacana memengaruhi tatanan sosial dan tatanan sosial memengaruhi wacana.</p> <p>Kata kunci: Batubara, Analisis Wacana Kritis, Berita Jambi, Norman Fariclough</p> Muammar ilham Copyright (c) 2022 Jurnal Reksa Bastra https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/22234 Wed, 14 Dec 2022 00:00:00 +0700 Implementasi Model PjBL dalam materi mengonstruksi karya ilmiah di kelas XI SMA https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/18921 <p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model project based learning pada materi mengon</em><em>s</em><em>truksi karya ilmiah di kelas XI SMA</em><em>N </em><em>11 Kota Jambi. </em><em>S</em><em>ubjek penelitia</em><em>nya </em><em>ialah guru bahasa Indonesia </em><em>yang mengajar di </em><em>Kelas XI</em><em> IPS 4</em><em>. </em><em>Penelitian ini difokuskan </em><em>pada proses pembelajaran menggunakan model </em><em>PjBL. </em><em>Jenis penelitiannya adalah deskriptif</em><em>, dengan pendekatan kualitatif.</em> <em>Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. </em><em>Data yang diperoleh </em><em>yaitu </em><em>hasil wawancara </em><em>bersama guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI terkait proses </em><em>pelaksanaan pembelajaran dengan model </em><em>PjBL</em><em> Hasil dari penelitian ini menunjukkan implementasi model </em><em>PjBL</em><em> pada materi mengon</em><em>s</em><em>truksi karya ilmiah di kelas XI SMA</em><em>N </em><em>11 Kota Jambi </em><em>dalam pelaksanaannya berjalan sesuai dengan langkah-langkah model project based learning dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Hal tersebut terlihat pada proses pembelajaran, guru melakukan kegiatan pendahuluan</em><em>, k</em><em>emudian pada tahap inti, guru mengajukan pertanyaan esensial dan penentuan proyek,</em> <em>secara kolaboratif guru dan siswa mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal pembuatan dan pengumpulan proyek, guru kemudian memonitor siswa dan kemajuan proyeknya, menguji hasil/penyampaian hasil proyek, dan mengevaluasi pengalaman</em><em> belajar</em><em>, serta pada kegiatan penutup</em><em>,</em><em> guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.</em></p> <p><strong><em>Kata Kunci : </em></strong><em>Model PjBL, mengonstruksi karya ilmiah</em></p> Zuraida Zuraida, Irma Suryani, Rasdawita Copyright (c) 2022 Jurnal Reksa Bastra https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/18921 Sat, 29 Oct 2022 00:00:00 +0700 Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Media Film Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kota Jambi https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/21380 <h2>Abstrak</h2> <p><em>Project Based Learning adalah salah satu metode pengajaran yang inovatif</em><em>.</em><em> Tujuanyan untuk menjelaskan pengaruh model project based learning (PJBL) dengan media film terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan. </em><em>Penelitian </em><em>dilakukan pada kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol dengan melakukan pretest dan posttest</em><em>. </em><em>Populasi penelitian</em> <em>ini </em><em>seluruh siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kota Jambi beraggota 34 siswa.</em><em> P</em><em>enentuan sampel</em> <em>dengan metode total sampling. </em><em>P</em><em>enelitian </em><em>memakai </em><em>metode pra-experimental desain</em> <em>one group pretest-posttest menggunakan pendekatan kuantitatif.</em> <em>Guru memberikan pengetahuan awal mengenai teks ulasan sebelum melakukan pretest dan posttest, agar tidak kebingungan.</em> <em>Hasil </em><em>kemampuan menulis </em><em>siswa dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS 21. Nilai rataan pretest menjadi 11,1 sedangkan hasil rataan posttest menjadi 16,4. </em><em>D</em><em>isimpulkan bahwa rata-rata posttest lebih tinggi dari pretest. Hipotesis menentukan uji-t menghasilkan hitungan bahwa hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0.000 &lt; 0,05 bahwa H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1 </sub>diterima. Sementara pengambilan hipotesis t hitung 15.372 dan t tabel 2.037 dengan taraf signifikan 5%. Dikarenakan t hitung besar dari t tabel, yaitu 15.375 &gt; 2.037, maka hipotesis diterima. Berdasarkan data yang diperoleh, model </em><em>PJBL </em><em>dengan media film akan mempengaruh kemampuan menulis siswa pada teks ulasan kelas VIII-F SMP Negeri 1 Kota Jambi.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Kata kunci: </em></strong><em>model PJBL</em><em>; </em><em>media film</em><em>;</em><em> kemampuan menulis</em><em>;</em><em> teks ulasan.</em></p> qonitalufiah, Irma Suryani, Larlen Larlen Copyright (c) 2022 Jurnal Reksa Bastra https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/21380 Wed, 19 Oct 2022 00:00:00 +0700 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/19318 <p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP di salah satu SMP di Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif denagn desain penelitian ekperimen. Subjek&nbsp; penelitian ini adalah seiswa kelas VII E (kelas control) dan VII F (kelas eksperimen) SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Data diperoleh melalui hasil pretest dan posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes berupa menulis&nbsp; teks narasi pada siswa kelas VII. Data selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dengan bantuan program SPSS 21. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya perubahan hasil menulis siswa setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen. Hal ini memperlihatkan adanya peningkatan dari hasil menulis siswa melalui penggunaan media audio visual.</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> Kemampuan Menulis, Teks Narasi, Audio Visual</p> Azza Nabila, Eddy Pahar Harahap, Agus Salim Copyright (c) 2022 Jurnal Reksa Bastra https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/19318 Wed, 19 Oct 2022 00:00:00 +0700