Implementasi Model PjBL dalam materi mengonstruksi karya ilmiah di kelas XI SMA

Penulis

  • Zuraida Zuraida universitas jambi
  • Irma Suryani
  • Rasdawita

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model project based learning pada materi mengonstruksi karya ilmiah di kelas XI SMAN 11 Kota Jambi. Subjek penelitianya ialah guru bahasa Indonesia yang mengajar di Kelas XI IPS 4. Penelitian ini difokuskan pada proses pembelajaran menggunakan model PjBL. Jenis penelitiannya adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh yaitu hasil wawancara bersama guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas XI terkait proses pelaksanaan pembelajaran dengan model PjBL Hasil dari penelitian ini menunjukkan implementasi model PjBL pada materi mengonstruksi karya ilmiah di kelas XI SMAN 11 Kota Jambi dalam pelaksanaannya berjalan sesuai dengan langkah-langkah model project based learning dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Hal tersebut terlihat pada proses pembelajaran, guru melakukan kegiatan pendahuluan, kemudian pada tahap inti, guru mengajukan pertanyaan esensial dan penentuan proyek, secara kolaboratif guru dan siswa mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal pembuatan dan pengumpulan proyek, guru kemudian memonitor siswa dan kemajuan proyeknya, menguji hasil/penyampaian hasil proyek, dan mengevaluasi pengalaman belajar, serta pada kegiatan penutup, guru menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.

Kata Kunci : Model PjBL, mengonstruksi karya ilmiah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-29

Cara Mengutip

Zuraida, Z., Suryani, I., & Rasdawita. (2022). Implementasi Model PjBL dalam materi mengonstruksi karya ilmiah di kelas XI SMA. Jurnal Reksa Bastra, 2(1), 12-24. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/jrb/article/view/18921

Terbitan

Bagian

Articles