PENERAPAN LITERASI MENGGUNAKAN APE YANG MENYENANGKAN SEBAGAI UPAYA PERSIAPAN ANAK PADA JENJANG TRANSISI PAUD KE SD

Authors

  • Andhani Mevia Yanti Universitas Jambi
  • Anike Septiyohana Karokaro Universitas Jambi
  • Fitria Ananda Putri Universitas Jambi
  • Satresia Simbolon Universitas Jambi
  • Shella Era Dhestia Universitas Jambi
  • Tri Dilla Amanda Universitas Jambi
  • Uswatul Hasni Universitas Jambi
  • Rizki Surya Amanda Universitas Jambi

Abstract

Penerapan literasi menggunakan berbagai “APE” yang menyenangkan. Dengan menggunakan berbagai  macam  APE  yang  menyenangkan   ini  dapat  mencapai   tujuan  yang  telah  di  rumuskan dalam upaya persiapan anak pada jenjang transisi PAUD ke SD. Metode penelitian yang digunakan yaitu  study  literatur,  dimana  pembahasan  yang  di  ambil  dari  berbagai 28 teori  yang  telah  ada. Pendidikan anak usia dini berperan krusial dalam pembentukan fondasi literasi dan numerasi sebelum   memasuki   pendidikan   formal.   Transisi   ke   pendidikan   dasar   memerlukan   persiapan menyenangkan dan terarah dengan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai, termasuk Alat Permainan Edukatif (APE). Dalam tulisan ini membahas 5 APE yang dapat digunakan untuk membantu tujuan tersebut yaitu Bowling word, Kartu huruf, Dadu literasi, Rolling box, dan Puzzle. Kerjasama antara guru PAUD dan SD serta pendekatan pembelajaran yang terpadu sangat penting untuk memastikan kesiapan anak secara emosional, fisik, dan kognitif. Saran untuk mengimplementasikan literasi dengan APE mencakup menciptakan lingkungan belajar interaktif, mengembangkan strategi pembelajaran kreatif, dan kolaborasi antar guru.  Dengan pendekatan holistik, transisi dari PAUD ke SD diharapkan dapat berjalan lancar dan positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-09-21