PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MELALUI MEDIA PUZZLE JAM DI RA TRI BHAKTI ASYIFA
Abstract
Kemampuan berpikir logis yang diajarkan pada anak usia dini tidak hanya belajar berhitung melainkan juga mengelompokkan benda berdasarkan warna, bentuk, ukuran dan fungsi. Tujuan penelitian ini yaitu guna meningkatkan kemampuan berpikir logis anak usia dini. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan dua analisis diantaranya analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian terjadi peningkatan antara sebelum dan sesudah dilakukan pembelajaran melalui media puzzle jam. Pada siklus I menunjukkan peserta didik mengalami peingkatan kategori berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 55%. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan berpikir logis peserta didik melalui media puzzle jam kategori berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 82%.