STUDI ANALISIS: TRANSISI KURIKULUM 13 KE KURIKULUM MERDEKA DI TK PEMBINA 1 KOTA JAMBI
Abstract
Penelitian ini membahas perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum merdeka di Tk Pembina 1 Kota Jambi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan-perubahan yang terjadi pada kurikulum, sehingga akan terlihat perbedaan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan analisis dokumen untuk mendapatkan informasi yang mendalam. Kurikulum dan pembelajaran adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Kurikulum yang digunakan saat ini di TK Pembina 1 Kota Jambi yaitu kurikulum merdeka. Namun kurikulum merdeka ini baru saja diterapkan di Tk Pembina 1 Kota Jambi selama 1 semester terakhir belum sepenuhnya digunakan di lembaga Tk Pembina 1 karena masih dalam tahap transisi dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013 atau yang sering disebut K-13 ke kurikulum merdeka. Hasil analisis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka. Baik dari segi pembuatan alat pengajaran, metode pengajaran, maupun evaluasi.