STUDI LITERATUR MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN ANGKA

Authors

  • Novi Safitriani Risqi Universitas Jambi
  • Wiwit Putri Aryanti Universitas Jambi
  • Santika Ayu Ningrum Universitas Jambi
  • Anggun Rahmadani Universitas Jambi
  • Sri Indriani Harianja Universitas Jambi

Abstract

Studi ini dipicu oleh pembelajaran matematika pada anak usia dini yang terasa kurang variatif. Tujuan dari riset ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan logis-matematis anak melalui permainan angka, sekaligus menghindari kesan monoton dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang merangkum berbagai sumber yang membahas penggunaan permainan angka dalam pendidikan anak usia dini. Penelitian yang didapatkan dari sumber-sumber sebelumnya mengungkapkan bahwa permainan angka seperti kartu angka, kartu Uno, dan puzzle angka dapat efektif meningkatkan kecerdasan logis-matematis anak usia dini. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa melalui berbagai kegiatan yang menggunakan permainan angka memberikan pengaruh berupa peningkatan pada kecerdasan logis matematis anak usia dini. Oleh karena itu, penggunaan permainan angka merupakan pendekatan yang efektif dalam memperkuat pemahaman anak terhadap konsep matematika dan meningkatkan kecerdasan logis-matematis mereka sambil menghindari kesan monoton dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-28

Issue

Section

Articles