PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN NUMERASI ANAK DI TK FAWWAZ KIDS SCHOOL

Authors

  • Annisa Universitas Jambi
  • Marsella Herliana Putri Universitas Jambi
  • Rizki Surya Amanda Universitas Jambi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan numerasi anak. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sampel di dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru yang berjumlah 4 orang guru. Dalam kasus penelitian ini, metode wawancara digunakan untuk pengumpulan data dan metode Miles Huberman digunakan untuk analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan numerasi anak di TK Fawwaz Kids School sudah sesuai indikator dengan menyediakan suasana positif dengan cara belajar dan bermain yang menyenangkan, mengajak anak jalan santai mengelilingi lingkungan sekitar, memakai 3 jenis permainan sebelum melakukan proses pembelajaran seperti lego, bola warna, puzzle, dan mainan angka. Memberikan kegiatan pembelajaran yang berbeda dan yang anak mampu, membuat kegiatan berkelompok supaya anak bisa bekerja sama antar sesama teman, membuat penilaian anekdot di akhir kegiatan pembelajaran anak, dan bekerja sama dengan orang tua dalam mengembangkan kemampuan numerasi anak dengan cara guru memperlihatkan kepada orang tua hasil belajar anak melalui WhatsApp grup tetapi apabila anak mengalami hambatan atau kesulitan guru dan orangtua berdiskusi secara face to face.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-02-28

Issue

Section

Articles