ANALISIS PENGGUNAAN METODE MENDONGENG UNTUK MEMBANGUN PEMAHAMAN LITERASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS AWAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menjelaskan penggunaan metode mendongeng untuk membangun literasi anak, khususnya dalam konteks mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan subjek penelitian adalah siswa kelas awal. Pendekatan kualitatif dipilih oleh peneliti untuk menganalisis secara mendalam implementasi metode mendongeng terhadap literasi anak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih oleh peneliti untuk menganalisis secara mendalam implementasi metode mendongeng dalam meningkatkan literasi anak pada mata pelajaran Bahasa Indonesiaatau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis literatur. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Melalui hasil analisis dapat disimpulkan bahwa metode mendongeng memiliki dampak positif dalam meningkatkan literasi anak usia sekolah dasar kelas awal.