Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak 5-6 Tahun Di Tk Al- Furqon Kecamatan Sekernan

Authors

  • Esi Bunga Lestari Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan di lapangan yang menunjukkan kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak 5-6 tahun di TK Al Furqon Kecamatan Sekernan belum berkembang.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kemampuan pengenalan konsep bilangan pada anak 5 sampai 6 tahun di TK Al Furqon Kecamatan sekernan.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah pre eksperimental design dengan bentuk one Group pret-test & post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 20 anak dan teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh di mana semua populasi dijadikan sebagai sampel dengan jumlah anak sebanyak 20 anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 3 uji yaitu uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis berdasarkan hasil Analisis ini diperoleh nilai t hitung sebesar ( 31,896 ) > t tabel (/1 101 ). t tabel didapatkan dari n-18 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai/1101. Data tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat Pengaruh Penerapan Metode Proyek Terhadap Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan Anak 5-6 Tahun Di Tk Al-Furqon Kecamatan Sekernan telah terbukti benar.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-07