PENGARUH MEDIA POP – UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN KOSAKATA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI

Authors

  • Nofia Amdriyani Universitas Jambi
  • Destrinelli Universitas Jambi
  • Uswatul Hasni Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan kosakata anak usia 5 – 6 tahun. Kurangnya kemampuan kosakata anak terlihat dari beberapa anak masih belum mengenal huruf dan angka, belum dapat menjawab pertanyaan dengan baik dan belum memahami makna kata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media pop – up book terhadap kemampuan kosakata anak usia 5 – 6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre – experimental design. Sampel pada penelitian ini yaitu anak kelompok B1 yang beranggotakan 17 orang anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data uji hipotesis penelitian ini ialah uji t. Berdasarkan hasil uji one sample t – test yang dilakukan dengan menggunakan software SPSS diperoleh nilai t hitung sebesar (14,575) > t tabel (2,131). T tabel didapatkan dari n – 2 = 15 yang di dalam distribusi tabel didapat nilai sebesar 2,131. Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan, dengan kriteria interpretasi cohen’s d 3,15 masuk dalam kategori kuat (strong effect). Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pop – up book terhadap kemampuan kosakata anak usia 5 – 6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-29

Issue

Section

Articles