ASPEK KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI
Abstract
Kemampuan menyimak yang merupakan suatu daya yang didapat melalui mendengarkan
dengan penuh perhatian guna memperoleh informasi dan memahami makna dari suatu materi
yang disampaikan. Tujuan penelitian ini yaitu guna mengetahui aspek kemampuan menyimak
anak usia dini. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library
research yaitu penelitian yang yaitu jenis penelitian yang membatasi kegiatannya pada bahanbahan koleksi perpustakaan tanpa perlu melakukan riset lapangan. Dari penelitian ini
diperoleh aspek kemampuan menyimak anak usia dini melalui beberapa fase atau tahapan
menyimak adalah auditory perception, auditory discrimination, auditory memory, auditory
association, rhyming skills. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan
menyimak anak usia dini antara lain: faktor fisik, faktor Psikologis, faktor pengalaman, faktor
sikap, faktor motivasi, faktor jenis kelamin, faktor lingkungan, dan faktor peranan dalam
masyarakat. Kegiatan yang medukung kemampuan menyimak anak usia dini salah satunya
yaitu dengan melakukan kegiatan bercerita menggunakan media gambar seri karena gambar
seri merupakan salah satu media visual untuk anak. Melalui gambar seri anak lebih
memahami cerita dari awal hingga akhir melalui kejadian-kejadian dalam gambar yang
disajikan secara berurutan.