PENGEMBANGAN PERMAINAN BOWLING MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BENTUK GEOMETRI ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian pada anak kelompok B di TK Kurnia Simo Tambaan dilatar belakangi oleh masih
rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep benyuk geometri. Hal ini disebabkan
pembelajaran mengenal konsep bentuk-bentuk geometri hanya mengunakan papan tulis dan Lembar
Kerja Anak (LKA). Dalam hal ini cara yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut
diatas melalui sebuah permainan. Karena dengan bermain anak akan merasa lebih senang dan
memudahkan anak untuk menangkap suatu informasi. Salah satu permaianan yang bisa diterapkan
adalah permainan bowling modifikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan
permainan bowling modifikasi dan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bentuk
geometri. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research
and Development). Rancangan penelitian ini berupa one-group pretest-posttest design. Berdasarkan
hasil penelitian pada analisis data diperoleh beda kenaikan nilai sebelum diberi perlakuan (treatment)
dan sesudah diberi perlakuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan bowling modofikasi
sangat efektif meningkatkan kemampuan mengenal konsep bentuk geometri pada anak usia dini
kelompok B.