PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BOPINCU DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI
Abstract
Membuat pembelajaran yang menarik bagi anak usia dini di TK dapat dilakukan dengan menggunakan Alat Permainan Edukasi (APE), salah satunya yaitu Boneka Pintar dan Lucu (Bopincu). Oleh karena itu, alasan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan APE Bopincu dalam perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini di TK Aisyiyah 4 Palembang. Subjek penelitian ini adalah anak-anak di TK Aisyiyah 4 Palembang yang berjumlah 10 anak, terdiri dari 6 putra dan 4 putri. Prosedur pemilahan data menggabungkan observasi dan unjuk kerja. Data yang dikumpulkan diolah menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan APE Bopincu berpengaruh positif dalam perkembangan kognitif anak di TK Aisyiyah 4 Palembang. Selama pra-siklus, tidak ada anak-anak yang mengenal bentuk dan warna berkembang dengan baik, dalam siklus I sudah ada yang berkembang sangan baik (BSB). Pada siklus II, kemampuan anak-anak mulai berkembang sangan baik (BSB) menjadi 8 anak. Disimpulkan bahwa upaya untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak-anak dengan memanfaatkan APE Bopincu dengan mengajukan pertanyaan dan menunjukkan bentuk dan warna dalam Bopincu dengan mengacak bentuk yang diberikan, kemudian, anak itu memilih bentuk yang sesuai sesuai dengan media Bopincu yang ditunjuk oleh guru. Disarankan kepada pendidik untuk dapat menggunakan APE Bopincu dalam pembelajaran di TK agar minat belajar anak lebih meningkat berhasil dengan baik.