PERANCANGAN ALAT UKUR MULTI SENSOR YANG TERINTEGRASI UNTUK PENGUKURAN KARAKTERISTIK TANAH GAMBUT

Authors

  • Mardian Peslinof Universities Jambi
  • Faizar Farid
  • Yoza Fendriani
  • Samsidar
  • Linda Handayani
  • Rustan
  • M. Ficky Afrianto

DOI:

https://doi.org/10.22437/jop.v6i1.10734

Abstract

Pada penelitian ini telah dilakukan perancangan alat ukur berbasis sensor yang terintegrasi untuk pengukuran karakteristik tanah. Parameter yang diukur oleh alat ukur ini yaitu konduktivitas, pH, Kelembaban, dan temperatur tanah. Parameter yang diukur tersebut merupakan karakteristik tanah yang penting untuk menentukan tingkat kerusakan lahan gambut pasca kebakaran. Sistem alat ukur ini terbagi ke dalam tiga bagian yaitu bagian tempat sampel, bagian sensor yang akan mendeteksi parameter fisis dari sampel, dan kotak rangkaian. Sistem alat ukur ini juga terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras terdiri dari sensor EC10 keluaran RS485, sensor pH, mikrokontroler Arduino Mega2560, dan monitor LCD. Sedangkan perangkat lunak dibuat menggunakan program arduino IDE. Tahap pengujian meliputi menyelidiki fungsi transfer dan sensitivitas dari sensor. Hasil pengujian dari penelitian ini yaitu tingkat sensisitifitas sensor yang digunakan untuk parameter pH, temperatur, konduktivitas, dan kelembaban masing-masing adalah 0,0139 mV/pH, 4,5157  mV/0C, 1,1607  mV/ μ S/cm, dan 2,1017  mV/%. Hasil penelitian alat ukur tanah dapat bekerja baik dan alat ini memiliki tingkat akurasi sebesar 99,9%. Penelitian ini harapannya dapat menghasilkan alat ukur yang berfungsi membantu pihak terkait untuk mengidentifikasi kerusakan lahan gambut dengan mudah dan akurat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afentia.2019. Dampak Ekologi Ekstraksi Lahan Gambut. Penelitian Perkumpulan Save Our Borneo.

Hartatik, Wiwik Dkk. 2010. Sifat Kimia dan Fisik Tanah Gambut. Balittanah.litbang.pertanian.go.id. [diakses pada 26 Februari 2020]

Irma, Wirdati. 2017. Pengelolaan Ekosistem Lahan Gambut dengan Mempertahankan Biodiversitas Vegetasi Di Hilir DAS Kampar Riau Sumatera. Prosiding Seminar Nasional Geografi UMS 2017: Surabaya.

Rahmatie , Rizka. 2016. Analisis Nilai Impedansi Listrik pada Daging Ikan Nila Berformalin. Jurnal Natural B, Vol. 3, No. 4.

Sari, Mia Aminina Wulan. Hubungan Konduktivitas Listrik Tanah dengan Unsur Hara NPK dan pH Pada Lahan Pertanian Gambut. PRISMA FISIKA, Vol. 7, No. 2 (2019), Hal. 55 – 62.

Suharjono, A., Rahayu L.N., dan Afwah, R. (2015) . Aplikasi Sensor Flow Water untuk Mengukur Penggunaan Air Pelanggan Secara Digital Serta Pengiriman Data Secara Otomatis Pada PDAM Kota Semarang. Jurnal Tele, Vol.13 No. 1, Politeknik Negeri Semarang.

Wosten JHM and HP Ritzema. 2002. Challenges in Land and Water Management for Peatland Development in Sarawak. In: JO. Rieley, and SE. Page, with B. Setiadi,(Eds.), Peatlands for People: Natural Resource Functions and Sustainable Management, Proceedings of the International Symposium on Tropical Peatland, 22-23 August 2001, Jakarta, Indonesia. BPPT and Indonesian Peat Association.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Peslinof, M., Farid, F., Fendriani, Y., Samsidar, Handayani, L., Rustan, & Afrianto, M. F. (2020). PERANCANGAN ALAT UKUR MULTI SENSOR YANG TERINTEGRASI UNTUK PENGUKURAN KARAKTERISTIK TANAH GAMBUT. JOURNAL ONLINE OF PHYSICS, 6(1), 24-31. https://doi.org/10.22437/jop.v6i1.10734