ANALYSIS OF INDICATOR IN THE LEA ANALISIS KOMPETENSI DASAR MENJADI INDIKATOR DALAM RANCANGAN PEMBELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA SMPN 14 KOTA JAMBI

ANALISIS KOMPETENSI DASAR MENJADI INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

Penulis

  • Hikma Turrasyidah FKIP UNJA

Kata Kunci:

Analisis, Indikator, Rancangan Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana cara guru mengembangkan kompetensi dasar (KD) menjadi indikator pencapaian kompetensi. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia SMPN 14 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan teknik triangulasi atau pencocokan data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dalam mengembangkan kompetensi dasar (KD) menjadi indikator masih terdapat kekurangan, seperti indikator yang tidak dicantumkan pada RPP/silabus, indikator yang dikembangkan belum memenuhi syarat, dan tingkat kompetensi pada indikator yang tidak berurutan. Jadi, dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masih terdapat kekurangan dalam rancangan pembelajaran guru Bahasa Indonesia SMPN 14 Kota Jambi khususnya pada pengembangan KD menjadi indikator pencapaian kompetensi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-12

Cara Mengutip

Turrasyidah, H. (2023). ANALYSIS OF INDICATOR IN THE LEA ANALISIS KOMPETENSI DASAR MENJADI INDIKATOR DALAM RANCANGAN PEMBELAJARAN GURU BAHASA INDONESIA SMPN 14 KOTA JAMBI: ANALISIS KOMPETENSI DASAR MENJADI INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI. Jurnal Lintang Aksara, 2(2), 10-27. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/jla/article/view/21343

Terbitan

Bagian

Articles