PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII A SMP N 30 MUARO JAMBI TAHUN 2022

Penulis

  • ricko fernanda putra FKIP, Universitas Jambi
  • Irma Suryani FKIP Universitas Jambi
  • Larlen Larlen FKIP Universitas Jambi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh minat baca terhadap kemampuan membaca teks fabel pada siswa Kelas VII A SMP N 30 Muaro Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 30 Muaro Jambi dengan jumlah populasi 76 siswa dan Sampel adalah seluruh siswa kelas VII A yaitu berjumlah 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh minat baca sebesar 24,6%terhadap kemampuan membaca teks fabel pada siswa kelas VII A SMP N 30 Muaro Jambi. Diperoleh persamaan regresi linier sederhana antara minat baca terhadap kemampuan membaca teks fabel yaitu: Y = 0,908 + 0,069 X. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, nilai t tabel sebesar 2,093 dan diperoleh nilai t hitung sebesar 2,492. Maka t hitung 2,492 > t tabel 2,093 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,246 nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh minat baca (X) terhadap kemampuan membaca teks fabel (Y) adalah sebesar 24,6% sedangkan 75,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. 

 

Kata Kunci : Minat Baca, Kemampuan Membaca, Teks Fabel

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-15

Cara Mengutip

putra, ricko fernanda, Suryani, I., & Larlen, L. (2022). PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII A SMP N 30 MUARO JAMBI TAHUN 2022. Jurnal Lintang Aksara, 1(1), 61-69. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/jla/article/view/19185

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama