IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN KELAS VIII SMPN 24 KOTA JAMBI

Penulis

  • Fina Fuspita sari Universitas Jambi
  • Kamaruddin Kamaruddin Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi
  • Imam Suwardi Wibowo Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi

Kata Kunci:

Implementasi pendekatan saintifik, Menulis, Teks ulasan

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan yakni mendeskripsikan pendekatan saintifik pada materi ajar teks ulasan siswa kelas VIII G SMP Negeri 24 kota Jambi, yang didasari pada perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru bahasa Indonesia kelas VIII G SMP Negeri 24 kota Jambi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa instrumen lembar observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembuatan RPP guru yang berbasis saintifik secara menyeluruh dikategorikan sesuai dengan RPP Permendikbud Nomor 103 tahun 2014. Dari hasil observasi guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar berbasis saintifik dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran menulis teks ulasan siswa kelas VIII G SMP Negeri 24 kota Jambi sudah cukup terlaksana sesuai dengan Permendikbud nomor 103 tahun 2014, namun ada beberapa kendala pada kegiatan saintifik pada aspek menanya dan evaluasi sikap.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-15 — Diperbaharui pada 2022-12-15

Versi

Cara Mengutip

Fuspita sari, F., Kamaruddin, K., & Wibowo, I. S. (2022). IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN KELAS VIII SMPN 24 KOTA JAMBI. Jurnal Lintang Aksara, 1(1), 35-44. Diambil dari https://online-journal.unja.ac.id/jla/article/view/17601

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama