IMPLEMENTASI MODEL EXPERIENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII DI MTS LABORATORIUM UIN STS JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model experiential learning dalam
pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas VIII di MTs Laboratorium UIN STS
Jambi. Bedasarkan langkah-langkah model experiential learning yaitu pengalaman konkret,
observasi reflektif, konseptualisasi abstrak, eksperimentasi aktif. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini berupa hasil wawancara peneliti
dengan guru bahasa indonesia dan hasil belajar siswa dalam kegiatan proses pembelajaran
menulis teks eksposisi dan sumber data berupa RPP dan bahan ajar yang berkaitan dengan
proses Langkah-Langkah pembelajaran experiential learning yang dilaksanakan.
Pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan tes.
Nantinya data tersebut akan di analisis dengan cara, reduksi data, penyajian data dan
penarik kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model experiential
learning merupakan sebuah model yang sangat cocok digunakan dalam pembelajaran
menulis teks eksposisi karena model tersebut menggunakan pengalaman peserta didik yang
akhirnya dapat mempermudah pemahaman materi serta mengaktifkan peserta didik dalam
pembelajaran. Hal ini terbukti dengan hasil kerja peserta didik diatas KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal) Selain itu model experiential learning bukan hanya mengutamakan
pengalaman peserta didik saja namun membuat pengalaman baru yang berkesan pada diri
peserta didik.Kesimpulan penelitian ini meunjukkan bahwa implementasi model experiential
learning dalam pembelajaran menulis teks eksposisi di kelas VIII di MTs Laboratorium UIN
STS Jambi berjalan sesuai dengan langkah-langkah model experiential learning.