Hubungan Mutu Pelayanan dengan Minat Memanfaatkan Ulang Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tamalanrea Kota Makassar

Authors

  • Nining Ade Ningsih Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIK Tamalatea Makassar, Makassar
  • Hasmah Hasmah Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIK Tamalatea Makassar, Makassar
  • Agustina Veronika Bhebhe Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIK Tamalatea Makassar, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.22437/jkmj.v5i2.14405

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan mutu pelayanan yang terdiri dari 5 dimensi (tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy) dengan minat memanfaatkan ulang pelayanan kesehatan. Penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan “Cross Sectional Study“.Penelitian ini dilaksanakan di Puskesmas Tamalanrea Kota Makassar pada Juli-Agustus 2019. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 orang dengan teknik accidental sampling. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan uji chi square untuk melihat hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel independen (dimensi mutu pelayanan) berhubungan dengan variabel minat memanfaatkan ulang pelayanan kesehatan. Mutu pelayanan berdasarkan dimensi tangible, reliability, assurance, empath berhubungan dengan minat memanfaatkan ulang pelayanan kesehatan dengan nilai p=0,000; dimensi responsiveness juga berhubungan dengan minat memanfaatkan ulang pelayanan kesehatan dengan nilai p=0,000.
Kata Kunci: Mutu Pelayanan, Minat Memanfaatkan Ulang, Pelayanan Kesehatan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-28