Peran Rasio Likuiditas, Profitabilitas dan Leverage Dalam Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.22437/jaku.v8i2.27173Kata Kunci:
Rasio Likuiditas, Rasio Profitabilitas, Rasio Leverage, Nilai PerusahaanAbstrak
Nilai perusahaan yang tinggi menunjukkan kinerja perusahaan yang baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari Rasio Likuiditas, Profitabilitas dan Leverage Dalam Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Sampel pada penelitan ini adalah Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama kurun waktu penelitian (2017-2021). Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 5 perusahaan dengan menggunakan teknik puposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dengan menggunakan T-test untuk menguji koefisien regresi secara parsial serta F-test untuk menguji pengaruh secara bersama-sam dengan tingkat signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Likuiditas (CR) dan Profitabilitas (ROA) tidak berpengaruh signifikan terhadap Nila Perusahaan (PBV). Sedangkan variabel Leverage (DER) memiliki pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV).
Unduhan
Referensi
Angeline, Y. R., & Tjahjono, R. S. (2020). Tata Kelola Perusahaan Dan Rasio Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 22(2), 305–312. https://doi.org/10.34208/jba.v22i2.473
Apriada, K., & Suardikha, M. S. (2016). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Struktur Modal Dan Profitabilitas Pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(2), 201–218. https://doi.org/10.35808/ersj/699
Atmaja, L. S. (2008). Teori dan Praktek Manajemen Keuangan (1st ed.). ANDI.
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2018). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (14th ed.). Salemba Empat.
Fikriyan, A. A. (2019). Pengaruh Rasio Keuangan Dan Kebijakan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2015-2017. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 7(4), 914–923. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/29379
Harmono. (2015). Manajemen Keuangan : Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis (1st ed.). Bumi Aksara.
Hasania, Z., Murni, S., & Mandagie, Y. (2016). Pengaruh Current Ratio, Ukuran Perusahaan Struktur Modal, Dan ROE Terhadap Nilai Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(03), 133–144.
Hidayat, W. W. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return on Equity dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia. Forum Ekonomi, 21(1), 67–75. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI
Kahfi, M. F., Pratomo, D., & Aminah, W. (2018). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Total Assets Turnover Dan Return On Equity Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2011-2016). E-Proceeding Management, 5(1), 566–574.
Listyawati, I., & Kristiana, I. (2020). Pengaruh Return on Equity, Current Ratio, Size Company dan Debt to Equity Ratio Terhadap Nilai Perusahaan. Maksimum, 10(2), 47–57. https://doi.org/10.26714/mki.10.2.2020.47-57
Nurlela, R., & Islahuddin. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XI.
Oktaryani, G. A. S., Abdurrazak, A., & Negara, I. K. (2021). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Yang Tergabung Dalam Indeks Kompas100. Jmm Unram - Master of Management Journal, 10(3), 160–174. https://doi.org/10.29303/jmm.v10i3.663
Prasetyaningsih, S., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(2), 282–296. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i2.96
Rini, W. F., & Febriani, D. (2017). Dampak Implementasi Enterprise Resources Planning (Erp) Atas Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 9(1), 15–28. https://doi.org/10.17509/jaset.v9i1.5254
Rudangga, I. G. N. G., & Sudiarta, G. M. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(7), 4394–4422.
Sudiani, N. K. A., & Darmayanti, N. P. A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas Pertumbuhan dan Investment Opportunity Set Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(2302–8912), 1–30.
Sujoko, & Soebiantoro, U. (2018). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Strategi Diversifikasi, Leverage, Faktor Intern Dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empirik Pada Perusahaan Manufaktur Dan Non Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta). EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 11(2), 236–254. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2007.v11.i2.317
Syardiana, G., Rodoni, A., & Putri, Z. E. (2015). Pengaruh Investment Opportunity Set, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Return on Asset Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas, 8(1), 39–46. https://doi.org/10.15408/akt.v8i1.2760
Zurriah, R. (2021). Pengaruh Return On Asset (ROA) Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akmami, 2(3), 528–537.
Zurriah, R., & Sembiring, M. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Praktek Manajemen Laba Rill. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 6(2), 174–183. https://doi.org/10.31289/jab.v6i2.3882
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Iin Syofia Y, Deky Hamdani
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.