MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN PADA KINERJA APARAT PEMERINTAH KAPUBATEN TANJUNG JABUNG TIMUR (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR)

Authors

  • Widya Ayu C Alumni Prodi Magister Ilmu Akuntansi Universitas Jambi Tahun 2022
  • Arum, Enggar Diah Puspa Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi - Indonesia
  • Ratih Kusumastuti Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi - Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.22437/jaku.v7i4.25222

Keywords:

Partisipasi Anggaran, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Aparat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Partisipasi dalam penyusunan anggaran berpengaruh tidaknya terhadap kinerja Kinerja Aparat Pemerintah, berpengaruh tidaknya terhadap kinerja Kinerja Aparat Pemerintah dengan Motivasi sebagai variabel moderating, Kepuasan Kerja sebagai variabel moderating pada  Kabupaten Tanjung Jabunng Timur, Provinsi Jambi. Alat analisisnya adalah Analisis PLS dengan menggunakan aplikasi Smart PLS. Hasil penelitian bahwa Partisipasi anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja aparat Pemerintah, Motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja apparat Pemerintah, Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja apparat Pemerintah, Partisipasi anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja pada pegawai di Pemerintah, Partisipasi anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja pada pegawai di Pemerintah, Partisipasi anggaran tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja aparat dengan motivasi kerja sebagai variabel moderating pada pegawai di Pemerintah dan Partisipasi anggaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja aparat dengan kepuasan kerja sebagai variabel moderating pada pegawai di Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, W., & Jogiyanto. (2009). Partial Least Square (PLS) Alternatif SEM Dalam Penelitian Bisnis. Andi.

Amir, Junadi, & Yulmardi. (2019). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Penerapannya. IPB : Bogor.

Anthony, N, R., & Govindarajan, V. (2012). Management Control System. Salemba Empat, Jakarta.

Arifin, J. (2014). Dasar-dasar Akuntansi. Elex Media Komputindo.

Arsanti, A. T. (2009). Hubungan Antara Penetapan Tujuan, Self-Efficacy Dan Kinerja. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 16(2), 97–110.

Bangun, W. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Budiman, C. A., Sari, R. N., & Ratnawati, V. (2014). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Job Relevant Information Sebagai Variabel Intervening. Sorot, 9(1), 86. https://doi.org/10.31258/sorot.9.1.2335

Casandra, J. (2018). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Penganggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah dengan Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta). Jurnal Universitas Mercu Buana, 1(1).

Fasli, D., & Supriadi, D. (2010). Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Adicita Karya Nusa.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, Joseph, & Jr. (2014). Multivariate Data Analysis. Edisi 7. In Pearson Education.

Halim, & Kusufi. (2013). Akuntansi Sektor Publik: Akuntansi Keuangan Daerah. Salemba Empat.

Hehanusa. (2010). Pengaruh Partisipasi Penganggaran Terhadap Kinerja Aparat: Integrasi Variabel Intervening Dan Variabel Moderating Pada Pemerintah Kota Ambon Dan Pemerintah Kota Semarang. Jurnal Undip.

Indra. (2010). Akuntansi Sektor Publik Suatu Pengantar Edisi Ketiga. Erlangga.

Kawedar, Warsitto, Abdul, R., & Handayani, S. (2011). Akuntansi Sektor Publik, Pendekatan Penganggaran Daerah dan Akuntansi Keuangan Daerah.Semarang. Widya Karya.

Lilis, S., & Purwantoro. (2013). Analisis Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran terhadap Kinerja Manajerial Dan Kepuasan Kerja Pada Pemerintah Kota Semarang. Media Ekonomi & Teknologi Informasi, 21(2), 66–79.

Lina, & Stella. (2013). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial : Kepuasan Kerja dan Job Relevant Informations ebagai variabel intervening. Jurnal Bisnis Akuntansi, 15(1), 37–56.

Mangkunegara, A. . (2010). Evaluasi Kinerja SDM. PT.Refika Aditama.

Mardiasmo. (2016). Perpajakan Edisi Revisi Tahun 2016. Andi, Yogyakarta.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Salemba Empat.

Narmodo, & Wajdi. (2011). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Wonogiri tahun 2011. Jurnal UNNES, 2(1), 1–14.

Nazaruddin, I., & Setyawan, H. (2012). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah Dengan Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Motivasi, Desentralisasi, dan Job Relevant Information Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Dan Investasi, 12(2), 197–207.

Priansa. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Alfabeta.

Rosita, T., & Tri, Y. (2016). Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja Pegawai dengan komitmen organisasional sebagai variabel intervening. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–20.

Soetrisno. (2010). Pengaruh Partisipasi, Motivasi Dan Pelimpahan Wewenang Dalam Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial ( Studi Empiris Pada Dinas Daerah Dan Lembaga Teknis Daerah Di Kabupaten Rembang). Jurnal UNDIP, 1(1).

Srimindarti. (2006). Balanced Scorecard sebagai Alternatif untuk Mengukur Kinerja. STIE Stikubank.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.

Sumaryadi, I. N. (2010). Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Citra Utama.

Sunyoto, D. (2012). Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian). Center For Academic Publishing Service.

Sutrisno, E. (2010). Manajemen sumber daya manusia/ Sutrisno. Jakarta : Kencana, 2010.

Syafrial. (2010). Pengaruh ketepatan skedul penyusunan anggaran,kejelasan saran dan partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial SKPD pada pemerintahan kabupaten Sarolangun. USU Medan, 1(1).

Yanida, M., Sudarma, M., & Rahman, A. F. (2013). Pengaruh Partisipasi Anggaran terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 4(3). https://doi.org/10.18202/jamal.2013.12.7205

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Ayu C, W., Enggar Diah Puspa, A., & Kusumastuti, R. (2023). MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERATING TERHADAP PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN PADA KINERJA APARAT PEMERINTAH KAPUBATEN TANJUNG JABUNG TIMUR (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR). JAKU (Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja) (E-Journal), 7(4), 233-246. https://doi.org/10.22437/jaku.v7i4.25222