Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika (Studi Kasus Pada Siswa Smp Berdasarkan Gender)
DOI:
https://doi.org/10.22437/edumatica.v3i01.1411Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil metakognisi siswa sekolah menengah pertama berdasarkan perbedaan gender dalam menyelesaikan soal matematika. Pengambilan data pada penelitian kualitatif deskriftif ini dilakukan dengan wawancara berbantuan lembar tugas. Untuk mendapatkan proses metakognisi digunakan rekaman hasil wawancara yang mengarah pada pertanyaan langkah-langkah penyelesaian soal berdasarkan langkah-langkah Polya (1973). Hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa laki-laki dan perempuan menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan dalam menggunakan struktur atau kemampuan yang sudah dimilikinya untuk menyelesaikan soal matematika yang dihadapi. Akan tetapi terdapat perbedaan prosedur pada langkah memahami dan melaksanakan pemecahan soal. Sedangkan langkah merencanakan dan melihat kembali tidak terdapat perbedaan dalam prosedur maupun konsep.
Kata kunci: metakognisi, soal matematika, gender
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2013-04-15 (1)
- 2013-04-15 (1)