Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Materi Pengolahan Data Siswa Kelas V A SDN 61/X Talang Babat

Authors

  • Jazimah Jazimah SD Negeri 61/X Talang Babat

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9428

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematis materi pengolahan data melalui model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas V A SD Negeri 61/X Talang Babat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitan ini terdiri dari 3 siklus dan setiap siklus terdapat satu kali pertemuan. Tahapan setiap siklus adalah tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V A SD Negeri 61/X Talang Babat tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 32 orang siswa. Data penelitian ini adalah teks dan angka tentang kemampuan siswa dalam materi pengolahan data. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menyebutkan adanya peningkatan kemampuan siswa kelas V A SD Negeri Talang Babat pada materi pengolahan data melalui model pembelajaran inkuiri. Kriteria keberhasilan penelitian adalah 80% nilai tersebut diperoleh pada siklus ke-tiga. Peningkatan nilai dari siklus pertama sampai ketiga adalah 66 % menjadi 78%, dan menjadi 88%. Hasil refleksi siklus pertama belum mampu mencapai kriteria keberhasilann dikarenakan belum terbiasa menerapkan model pembelajaran inkuiri. Jumlah siswa yang mencapai kriteria keberhasialan pada siklus ketiga adalah 28, yang belum mencapai adalah 4 siswa. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model inkuiri dapat meningkatkan kemampuan matematis siswa kelas V A SD Negeri 61/X Talang Babat materi pengolahan data.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-01 — Updated on 2020-06-01

Versions

How to Cite

Jazimah, J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis pada Materi Pengolahan Data Siswa Kelas V A SDN 61/X Talang Babat . Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 91-109. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9428