Implementasi Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Kelas di SDN No.53/IX Muaro Jambi

Authors

  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi
  • Najmiati Najmiati SDN No. 53/IX Muaro Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9337

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi PDS dalam meningkatkan kemampuan guru dalam manajemen Kelas di kelas II SDN No 53/IX Muaro Jambi. Kegiatan PDS ini dilaksanakan di SDN No 53/IX Muaro Jambi, Pada kelas dua dengan pola pembelajaran tematik. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi dan  dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan PDS secara umum adalah tersusunnya perangkat pembelajaran secara baik dan benar, Secara khusus yang terfokus dalam manajemen kelas adalah guru mampu menata lingkungan fisik kelas yang baik, guru mampu menegakkan tingkah laku siswa, guru memehami masalah masalah manajemen kelas. Kesimpulan Program PDS memberikan dampak yang positif baik pada guru maupun dosen serta  sekolah dan lembaga pencetak  guru /LPTK dalam berbenah diri melalui kegiatan berkolaborasi untuk memecahkan masalah dalam dunia pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-01 — Updated on 2020-06-01

Versions

How to Cite

Yantoro, Y., & Najmiati, N. (2020). Implementasi Penugasan Dosen ke Sekolah (PDS) dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Kelas di SDN No.53/IX Muaro Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), 125-131. https://doi.org/10.22437/gentala.v5i1.9337