Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Alat Peraga Gambar Seri Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • R Rusnah SDN 125/IX SIMPANG SELAT

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6886

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana bagi siswa kelas III SDN 125/IX Kenali Kecil, Jaluko, Muara Jambi. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.  Berdasarkan hasil penelitian, ternyata pengguna alat peraga gambar seri dalam pembelajaran menjadi suatu unsur yang paling berpengaruh dalam membantu mengoptimalkan keterampilan siswa dalam membuat karangan sederhana. Hasil tes formatif yang dicapai pada siklus I oleh 15 subyek penelitian mencapai tingkat keberhasilan 75% - 90%. Sedangkan 5 subjek ternyata masih mendapatkan hasil yang belum optimal (65%). Penerapan pembelajaran yang berorientasi pada penggunaan alat peraga pada Siklus II ini sudah lebih baik dibanding tindakan I. Alat peraga yang digunakan yang ada di sekitar kelas. Pada tindakan perbaikan siklus II ini, tujuan pembelajaran sudah tercapai. Pada saat pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus kedua, siswa mengalami perubahan tingkah laku. Siswa penuh kosentrasi mengikuti pembelajaran. Banyak siswa yang mengajukan pertanyaan yang kadang-kadang tidak ada hubungannya dengan materi pelajaran, sehingga guru kelabakan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-19 — Updated on 2019-06-19

Versions

How to Cite

Rusnah, R. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Alat Peraga Gambar Seri Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 100-109. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6886