Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Alat Peraga Gambar Seri Pada Siswa Sekolah Dasar

  • R Rusnah SDN 125/IX SIMPANG SELAT

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana bagi siswa kelas III SDN 125/IX Kenali Kecil, Jaluko, Muara Jambi. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.  Berdasarkan hasil penelitian, ternyata pengguna alat peraga gambar seri dalam pembelajaran menjadi suatu unsur yang paling berpengaruh dalam membantu mengoptimalkan keterampilan siswa dalam membuat karangan sederhana. Hasil tes formatif yang dicapai pada siklus I oleh 15 subyek penelitian mencapai tingkat keberhasilan 75% - 90%. Sedangkan 5 subjek ternyata masih mendapatkan hasil yang belum optimal (65%). Penerapan pembelajaran yang berorientasi pada penggunaan alat peraga pada Siklus II ini sudah lebih baik dibanding tindakan I. Alat peraga yang digunakan yang ada di sekitar kelas. Pada tindakan perbaikan siklus II ini, tujuan pembelajaran sudah tercapai. Pada saat pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus kedua, siswa mengalami perubahan tingkah laku. Siswa penuh kosentrasi mengikuti pembelajaran. Banyak siswa yang mengajukan pertanyaan yang kadang-kadang tidak ada hubungannya dengan materi pelajaran, sehingga guru kelabakan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dedpiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.
Brown, H. Doulas. 1994. Teaching by Principles : An Interactive Approach to Language Pedagogy. New Jersey : Prinice Hail Regent.
Dardjowidjojo. Soenjono, 1993. “Kontroversi di dalam Pendekatan Komunikatif dalam PELLBA 6 (Pertemuan Linguistik Bahasa Atma Jaya : Keenam). Jakarta : Kanisius. Hal. 79-96.
Djeniah Alim, 1996. Lancar Berbahasa Indonesia I Kelas I. Jakarta Depdikbud.
Hamalik, Oemar, 1990. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung : Citra Aditya Bakti.
Lado, Robert, 1989. Language Teaching : A Scientific Approsch. New Delhi : Tata McGraw-Hi11..
Littewood, William, 1981. Communicative Language Teaching : An Introduction. New York : Cambridge University Press.
Nyoman Merdhana, 2002. Tindakan Kelas Sebagi Salah Satu Alternatif Pengajaran Menyimak dalam PBIPA. Jakarta : http://www.ialf.edu/kipbipa/abstracts/nyomanmerdhana.htm.
Wardani, I.G.A.K., Siti Julaeha, M.A. Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta, University Terbuka.
Widdowson, H.G, 1978. Teaching Language as Communication. Ocxford : Oxford University Press.
Stem, H.H, 1983. Fundamental Concept of Languagr Teaching. Oxford : Oxford University Press.
Sri Anitah W, dkk. 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta, Universitas Terbuka.
Published
2019-06-19
How to Cite
Rusnah, R. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Melalui Alat Peraga Gambar Seri Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 100-109. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6886