Token Ekonomi Sebuah Tips Pembiasaan Perilaku Positif Di SMP Negeri 8 Kota Jambi

Authors

  • S Sokiyah SMPN 8 Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6883

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengubah perilaku negatif menjadi perilaku positif melalui pemberian token ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Lapangan (PTL). Tindakan dilakukan melalui kolaborasi dengan pengurus OSIS yang melakukan observasi dan pemberian token ekonomi pada tahap awal. Tahap selanjutnya, pemberian token konomi dilakukan oleh konselor sekolah. Setiap tindakan diberikan dalam tiga sikuls penelitian denga  tahap-tahap yang sama. Setiap tahap dilakukan berdasarkan lagkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, pemberian token ekonomi, evaluasi, refleksi dan revisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pemberian token ekonomi, perilaku negatif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Jambi dapat diubah menjadi perilaku positif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-19 — Updated on 2019-06-19

Versions

How to Cite

Sokiyah, S. (2019). Token Ekonomi Sebuah Tips Pembiasaan Perilaku Positif Di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 110-124. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6883