Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa

Authors

  • Dwi Kurnia Hayati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6824

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matakuliah Konsep Dasar IPA.Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp, yang tahapannya meliputi: (1) penelitian awal dengan tahapan: (a) analisis kebutuhan, (b) analisis mahasiswa, (c) analisis kurikulum; (2) tahap pengembangan yang terdiri dari (a) pengembangan buku ajar, (b) pengembangan instrumen; dan (3) tahap penilaian yang terdiri dari (a) validasi ahli, (b) analisis kevalidan dan revisi I, (c) uji coba kelompok kecil, (d) analisis dan revisi II, (e) uji coba kelompok besar, dan (f) analisis keefektifan. Subjek penelitian sebanyak 42 mahasiswa semester I Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UNJA. Adapun instrumen yang digunakan adalah instrumen validasi ahli, angket tanggapan mahasiswa, lembar observasi dan rubrik keterampilan proses sains. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa buku ajar Konsep Dasar IPA yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil pengamatan pada dua kali perkuliahan, buku ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa dari 60,3% pada pertemuan pertama menjadi 66,9% pada pertemuan kedua.   Kata Kunci: buku ajar, Konsep Dasar IPA, keterampilan proses sains

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-10 — Updated on 2017-06-10

Versions

How to Cite

Hayati, D. K. (2017). Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 151-167. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6824