Pengaruh Model Think Pair And Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Intan Shabrina UIKA Bogor
  • Imas Kania Rahman UIKA Bogor
  • Salati Asmahasanah UIKA Bogor

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6823

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III pada konsep bangun datar sederhana di SDIT Al-Madinah Cibinong. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, pada penelitian ini pemilihan sampel pada quasi experimental tipe Non Equivalent Control Group Design tidak dilakukan pemilihan sampel secara random melainkan dipilih sengaja oleh peneliti yaitu dengan masing-masing sampel kelas eksperimen 26 siswa dan kelas kontrol 27 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes. Proses penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada mata pelajaran Matematika melalui tiga tahapan yaitu think, pair dan share. Think (Berpikir), Pair (Berpasangan) dan Share (Berbagi). Dalam proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) siswa sangat antusias sekali karena mereka memiliki waktu berpikir untuk menjawab pertanyaan dari guru, Jadi penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas III pada mata pelajaran matematika dikatakan efektif dan terdapat perubahan atau peningkatan signifikan. Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) ini bisa menjadi salah satu alternative model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran.

 

Kata kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-10 — Updated on 2017-06-10

Versions

How to Cite

Shabrina, I., Rahman, I. K., & Asmahasanah, S. (2017). Pengaruh Model Think Pair And Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 140-150. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6823