Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar

Authors

  • Y Yantoro Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6820

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pemecahan masalah dalam meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran matematika materi  pecahankelas V C di SD Negeri 34 / I Teratai. Terdiri dari tiga siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi rasa ingin tahu siswa yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan metode pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan metode pemecahan masalah dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa kelas V C di SD Negeri 34 / I Teratai. Berdasarkan lembar hasil rekapitulasi persentase rasa ingin tahu siswa  menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I rasa ingin tahu siswa 63,54% meningkat pada siklus II menjadi 66,67% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 84,89%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pemecahan masalah dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa kelas V C di SD Negeri 34/I Teratai.

 Kata kunci : Rasa Ingin Tahu, Pemecahan Masalah, Pembelajaran Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-06-10 — Updated on 2017-06-10

Versions

How to Cite

Yantoro, Y. (2017). Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dengan Menggunakan Metode Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 90-105. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6820